- Hidup Sehat

10 Manfaat Jambu Air Bagi Kesehatan yang Harus Anda Tahu

Ada banyak manfaat jambu air bagi kesehatan

Ada banyak jenis buah-buahan yang menjadi sumber vitamin C, salah satunya adalah jambu air. Selain rasa daging buahnya yang manis dengan sedikit rasa sepat, Anda tentu bisa mendapatkan manfaat jambu air bagi kesehatan yang sangat banyak.

Buah yang mudah sekali dijumpai di pekarangan rumah orang-orang Indonesia ini memang tidak sulit dirawat. Ada dua jenis jambu air yang sering kita jumpai di negara kita, yaitu jambu air kecil (Syzygium aqueum) dan jambu air besar (Syzygium samarangense).

Meski sangat murah dan mudah didapatkan, buah yang satu ini mengandung cukup banyak gizi, lho. Jadi jangan dianggap sepele, ya.

Dalam 100 gram jambu air ini, terkandung 46 kalori, 0,20 gr lemak, 0,60 gram protein, 11,80 mg gula dan karbohidrat, 5,00 vitamin C, 7,5 mg kalsium, 1,1 mg zat besi, serta 9 mg fosfor. 

Manfaat Jambu Air

Selain kandungan yang disebutkan di atas, jambu air juga mengandung senyawa kimia golongan metabolit sekunder flavonoid dan fenol. Menurut penelitiannya, kedua kandungan inilah yang memberikan manfaat jambu air. Berikut manfaat yang dapat Anda rasakan.

  1. Melindungi Kulit

Senyawa myricetin dan fenolat lainnya yang terdapat pada jambu air memang terbukti dapat melindungi keratinosit di kulit dari paparan sinar UVB. Jambu air ini bisa dijadikan menu diet setiap hari karena aman dikonsumsi.

  1. Menstabilkan Gula Darah

Konsumsi jambu air atau bagian daunnya ternyata dapat memberikan manfaat baik bagi kesehatan. Ekstrak jambu air memiliki khasiat sebagai antidiabetes karena mampu merangsang tubuh agar menyerap glukosa dan sekresi adiponektin. Sehingga membuat kandungan gula darah menjadi tidak tinggi.

  1. Meredakan Demam

Buah jambu air ataupun minum air rebusan daunnya ternyata dapat menurunkan demam. Namun, untuk klaim yang satu ini tentu saja masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut.

  1. Menjadi Antibakteri

Berdasarkan hasil uji laboratorium, kandungan dalam jambu air seperti flavonoid, tanin, dan fenolik dipercaya bisa menghambat pertumbuhan enam bakteri sekaligus. Bakteri tersebut adalah Bacillus cereus, Staphylococcus aureus, Shigella dysenteriae, Vibrio cholerae, Escherichia coli,  dan Salmonella thypi. Hanya saja, manfaat ini belum masuk tahap pengujian langsung pada manusia.

  1. Menyembuhkan Diare

Salah satu manfaat jambu air yang sudah dipercaya turun temurun adalah mampu menyembuhkan diare dan disentri. Selain itu, sifat diuretik pada jambu air dapat mengeluarkan kelebihan garam serta air dari dalam tubuh melalui urine.

  1. Menjaga Kesehatan Sistem Pencernaan

Kesehatan sistem pencernaan didapat dari adanya kandungan serat pada jambu air. Serat ini sangat baik untuk kesehatan sistem pencernaan. Tubuh yang kekurangan serat dapat memicu terjadinya berbagai penyakit, khususnya pada pencernaan, seperti sembelit atau masalah pada usus. 

  1. Mencegah Kram Otot

Manfaat jambu air bagi kesehatan lainnya adalah dapat mencegah kram otot karena kandungan mineral potasium dalam jambu air yang disebut efektif mengatasi masalah otot kram.

Menurut banyak orang, kram otot terjadi akibat tubuh kekurangan potasium. Sehingga akan sangat baik jika Anda mengkonsumsi jambu air karena mengandung tinggi potasium.

  1. Menjaga Berat Badan

Manfaat jambu air lainnya adalah dapat menjaga berat badan ideal karena adanya kandungan serat dan mineral yang tinggi dalam jambu air. 

Serat dan mineral ini tentu saja baik bagi pencernaan dan membantu mendorong sisa makanan yang menumpuk dalam tubuh untuk dikeluarkan.

  1. Mencegah Kanker

Kanker memang penyakit yang terkenal berbahaya dan menakutkan. Tapi, Anda bisa melakukan tindakan pencegahan agar tidak menderita penyakit ini. Salah satu caranya dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak, kaya akan vitamin dan antioksidan seperti buah jambu air ini. Sebab, dalam jambu air terkandung sifat anti-kanker dan antioksidan yang mampu membunuh sel penyebab tumbuhnya kanker di tubuh. 

  1. Mencegah dan Mengobati Infeksi

Jambu air dapat mengobati ataupun mencegah infeksi. Sebab, jambu air dikenal kaya akan kandungan senyawa flavonoid, tanin, fan fenolik. Senyawa ini dikenal ampuh untuk mencegah dan mengobati infeksi akibat bakteri atau jamur karena bersifat antimikroba. 

Kandungan ini juga dapat membunuh mikroba seperti cacing yang dapat menginfeksi saluran pencernaan. 

Manfaat jambu air ini bisa didapatkan dengan langsung mengkonsumsinya dalam kondisi segar, tapi pastikan untuk dicuci bersih dulu. Buah jambu air ini juga bisa diolah menjadi rujak, campuran salad, ataupun olahan lainnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *