- Penyakit

3 Makanan yang Meningkatkan Risiko Terbentuknya Batu Ginjal

Material berbentuk padat yang muncul pada ginjal disebut dengan batu ginjal, berasal dari substansi yang seharusnya berada dalam urine dan konsentrasinya menjadi lebih tinggi. Hal itulah yang membuat substansi tersebut membentuk sebuah gumpalan padat berbentuk seperti batu, kondisi ini terdapat dua bentuk berbeda yaitu kalsium oksalat dan kalsium fosfat.

Bentuk dan ukuran dari batu ginjal ini bermacam-macam dan tidak selalu sama, batu ginjal yang kecil dapat dikeluarkan melalui urine. Kondisi ini menyebabkan seseorang mengalami rasa sakit atau bisa tidak merasakan sakit sama sekali. Sementara pada batu ginjal yang berukuran bisa tersangkut pada saluran kemih, sehingga menyebabkan keluarnya urine terganggu hingga merasakan sakit.

Jenis Makanan Tingkatkan Risiko Batu Ginjal

  1. Makanan Tinggi Sodium

Sodium biasanya terdapat dalam garam dan kebanyakan makanan kemasan, bahan makanan ini merupakan salah satu komponen yang bisa meningkatkan risiko seseorang terkena batu ginjal. Diet tinggi sodium bahkan cenderung memicu peningkatan kadar kalsium yang terdapat di dalam urine, berikut ini beberapa jenis makanan yang mengandung sodium.

  • Makanan kaleng.
  • Daging olahan seperti bacon, nugget, ham dan sosis.
  • Kecap dan saus.
  • Kacang-kacangan yang sebelumnya sudah diasinkan.
  • Makanan siap saji seperti mi instan dan sereal instan.
  • Protein Hewani

Daging dan sumber protein lain seperti telur dan seafood mengandung purin, bahan ini nantinya akan diubah menjadi asam urat di dalam urine. Asam urat, salah satu bahan pembentuk batu ginjal, jika protein hewani dikonsumsi terlalu banyak maka bisa menyebabkan terbentuknya batu ginjal secara perlahan di kemudian hari.

Organ selain daging yang menyebabkan batu ginjal adalah jeroan seperti hati, karena juga mengandung purin yang tinggi. Seseorang disarankan untuk tidak mengonsumsi lebih dari 170 gram dalam sehari. Selain menumpuknya risiko asam urat, protein hewani juga meningkatkan risiko munculnya batu kalsium.

  • Makanan Tinggi Oksalat

Oksalat dihasilkan oleh tubuh, seperti salah satunya dari hasil sampingan pemecahan vitamin C, namun mengonsumsi makanan yang memiliki kadar oksalat tinggi bisa meningkatkan jumlah oksalat dalam urine. Pada kondisi ini oksalat akan berikatan dengan kalsium yang membentuk batu kalsium oksalat.

Tipe Batu Ginjal

  • Batu Kalsium

Merupakan jenis yang paling umum terjadi dan biasanya muncul dalam dua bentuk, yakni kalsium oksalat dan kalsium fosfat. Oksalat lebih sering ditemukan, terbentuk karena dipengaruhi oleh ekresi kalsium dan oksalat yang tinggi. Sementara kalsium fosfat diakibatkan karena adanya kombinasi dari kadar kalsium yang tinggi di dalam urine dan kadar pH urine yang juga tinggi.

  • Batu Asam Urat

Kondisi ini terbentuk ketika pH urine berada dalam keadaan asam untuk jangka waktu yang lama, kadar asam urat dalam urine akan meningkat jika seseorang melakukan diet tinggi purin. Apabila konsentrasi asam urat meningkat dalam urine maka asam urat bisa membentuk batu dari komponen asam urat itu sendiri bersamaan dengan kalsium.

  • Batu Struvite

Merupakan jenis batu ginjal hasil dari infeksi yang terjadi pada ginjal, untuk menangani kondisi ini bisa dengan membuang batu dari saluran kemih dan mencegah infeksi datang kembali, dengan tujuan agar batu ginjal tidak terbentuk kembali.

  • Batu Cystine

Batu ginjal jenis ini diakibatkan karena kelainan genetik yang terjadi dan menyebabkan cystine keluar dari ginjal menuju ke urine. Kondisi ini membentuk batu ginjal yang secara bertahap dan lama kelamaan berakumulasi menjadi batu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *