- Hidup Sehat

Apa Arti Menjadi Cisgender? Ini Penjelasannya!

Pernahkah Anda mengenal istilah cisgender? Mungkin istilah ini masih terlalu asing didengar. Cisgender adalah kelompok individu yang mengidentifikasi gendernya sesuai dengan jenis kelamin yang ia bawa sejak lahir. 

cisgender

Istilah ini sering kali digunakan untuk mengidentifikasi jenis kelamin mereka saat lahir. Namun, dikarenakan jarang sekali orang yang menggunakan istilah ini, maka hal tersebut akan tampak asing. Yuk, mengenal lebih dekat dengan istilah cisgender. 

Apa itu cisgender?

Ketika seseorang lahir, orang-orang akan melihat apa alat kelamin Anda, dan memutuskan bahwa Anda adalah perempuan atau laki-laki berdasarkan apa yang mereka lihat. Hal tersebutlah yang dikatakan sebagai cisgender. Di mana hal tersebut untuk mengidentifikasi gender yang ditetapkan saat Anda lahir berdasarkan jenis kelamin. 

Jadi, seseorang ditetapkan sebagai perempuan saat dokter melihat alat kelamin perempuan, dan hal tersebut pun berlaku bagi laki-laki. 

Menurut Transgender Studies Quarterly, istilah tersebut berawal diciptakan oleh para aktivis transgender pada tahun 1990-an untuk membedakan antara individu cisgender dan transgender, atau untuk menggambarkan orang yang bukan transgender. 

Pun ada yang menyarankan untuk mengunakan identifikasi seperti “cis pria atau cis wanita” untuk membedakan antara “trans wanita dan trans pria”. Namun, kontroversi tetap ada untuk istilah tersebut. Beberapa orang bahkan berpendapat bahwa tidak perlu menggunakan istilah “cis” atau “trans” setiap kalli mengidentifikasi orang, dan seharusnya hanya mengidentifikasi sebagai pria dan wanita saja. 

Perbedaan antara jenis kelamin dan gender

Meskipun istilah tersebut sering digunakan secara bergantian, jenis kelamin atau gender bukanlah hal yang sama. Jenis kelamin adalah istilah ilmiah untuk sebutan biologis dan fisiologis. Mengacu pada kromosom seseorang dan cara gen mereka diekspresikan. 

Sebaliknya, gender adalah kontruksi sosial. Ini mengacu pada peran sosial, perilaku, dan harapan yang dianggap sesuai untuk pria dan wanita. Maskulin dan feminin adalah kata sifat yang menggambarkan karakteristik gender. Pria dan wanita menggambarkan karakteristik seksual atau jenis kelamin, meski terkadang juga dinamakan untuk mendeskripsikan gender. 

Hak istimewa cisgender, apakah itu? 

Cisgender merupakan kelompok mayoritas di seluruh dunia. Dan, menjadi kelompok mayoritas tentu memiliki banyak sekali keistimewaan. Berikut beberapa di antaranya:

  • Menggunakan toilet umum tanpa akut akan pelecehan verbal, intimidasi fisik, atau penangkapan 
  • Menggunakan fasilitas umum, seperti loker gym dan ruang ganti tanpa tatapan mata merendahkan, ketakutan, atau merasa kecemasan.
  • Orang asing tidak akan berasumsi bahwa mereka dapat menanyakan seperti apa alat kelamin Anda dan bagaimana saat berhubungan seks.
  • Anda memiliki kemampuan untuk tetap meneruskan hidup secara normal, tanpa harus diremehkan, digosipkan aneh-aneh, atau bahkan ditertawakan karena gender Anda yang berubah. 
  • Anda bisa memiliki hubungan yang yang normal dengan lawan jenis (pacaran atau menikah), tanpa takut status biologis Anda dapat menyebabkan penolakan atau serangan. Juga tidak akan menyebabkan pasangan Anda mempertanyakan orientasi seksual Anda.
  • Anda tidak perlu berurusan dengan foto-foto lama yang mencerminkan siapa Anda dahulu sebenarnya.
  • Memiliki jenis kelamin yang jelas pada pilihan di lembar formulir. 

Masih ada berbagai hal istimewa lainnya untuk para cisgender. Sebaliknya, bagi kaum transgender, mereka sering kali mendapakan perlakuan tidak menyenangkan, seperti, diskriminasi, pelecehan, bullying atau perundungan, serangan kebencian, komentar jahat, dan berbagai hal-hal yang tidak menyenangkan lainnya. 

Jadi, penting juga untuk kita menghargai mereka yang bukan cisgender, karena hal tersebut merupakan hal yang pribadi dan tidak layak untuk diperbincangkan ataupun menanyakan pertanyaan yang tidak sopan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *