- Hidup Sehat

Apakah Dunia Medis Kenal Istilah Puber Kedua?

Pada umumnya puber kedua sering diartikan sebagai kondisi di mana orang-orang paruh baya dengan umur cukup tua bertingkah layaknya seperti remaja. Terdapat makna tersendiri mengenai pubertas kedua secara ilmiah, secara umum pubertas merupakan kondisi di mana tubuh telah matang secara seksual.

Kondisi matang tersebut ditandai dengan berfungsinya organ-organ reproduksi, mulai dari perubahan tubuh seorang anak menjadi tubuh orang dewasa. Terjadinya perubahan ini disebabkan pelepasan hormon testosteron pada testis bagi seorang laki-laki, sementara untuk perempuan disebabkan hormon estrogen yang dihasilkan indung telur atau ovarium.

Puber Kedua

Tak hanya perubahan fisik yang terjadi, pubertas juga ditandai dengan perubahan tingkah laku dan psikologis. Remaja yang mengalami masa ini cenderung lebih agresif dengan perasaan atau lebih kerap disebut dengan mood. Tingkah laku para remaja menjadi lebih berani, seperti mencoba hal-hal baru yang belum tentu baik.

Remaja pria akan menjalani pubertas di usia 12 hingga 16 tahun, sementara untuk perempuan pubertas biasanya terjadi pada usia sembilan hingga 14 tahun. Sementara untuk pubertas kedua yang disebut banyak dialami oleh orang paruh baya, sebenarnya pubertas ini tidak ada dan tidak dikenal dalam dunia medis.

Istilah tersebut kerap kali digunakan ketika menyebut orang dewasa yang berperilaku layaknya remaja yang masih berusia belasan tahun. Hal ini terlihat dalam beberapa aspek, seperti penampilan, perubahan mood atau perasaan yang lebih fluktuaktif, munculnya stres, hingga rasa percaya diri hingga lebih agresif.

Pubertas kedua atau perimenopause bisa diartikan sebagai masa-masa ketika kehidupan seseorang kembali melewati periode remaja disertai dorongan gairah yang menggebu, anehnya perasaan ini dirasakan ketika seseorang sudah berusia 35 hingga 40 tahun. Perimenopause merupakan masa transisi pada wanita, beberapa tahun sebelum memasuki masa menopause.

Dalam masa tersebut, produksi estrogen ovarium perempuan pada saat ini secara bertahap akan mengalami penurunan. Proses ini akan berlangsung hingga ovarium benar-benar berhenti melepaskan sel telur, setelah itu perempuan akan memasuki masa menopause. Untuk sebagian wanita, kondisi ini akan dialami ketika memasuki usia 30 tahun.

Ketika dilihat secara fisik, perempuan yang mengalami masa menopause akan merasakan beberapa hal, seperti merasa sensasi panas, kelelahan, haid yang tidak teratur, jantung berdebar, pusing, sakit kepala, menurunnya tingkat kesuburan, berubahnya hasrat seksual, perubahan kadar kolesterol, berkurangnya kepadatan tulang hingga payudara terasa kencang.

Selain itu, perempuan dalam masa tersebut juga akan mengalami kondisi sindrom pramenstruasi yang memburuk, vagina kering dan lebih sering ingin buang air kecil. Selain perubahan fisik, perempuan yang masuk ke dalam masa tersebut juga akan mengalami perubahan secara psikologis. Beberapa di antaranya seperti perubahan mood, susah tidur, beban pikiran berlebih dan lainnya.

Meski demikian tidak semua perempuan mengalami gejala ini, terdapat ciri-ciri umum yang dialami perempuan di masa perimenopause. Ciri-ciri ini bahkan membuat para perempuan yang mengalaminya bertanya-tanya, seperti apakah yang salah dalam diri mereka, selain itu tak sedikit yang mengalami perubahan perilaku layaknya remaja.

Beberapa cara bisa digunakan untuk meredakan gejala-gejala dari perimenopause, seperti melakukan kebiasaan merokok, memperbanyak aktivitas fisik dan rutin berolahraga, mencukupi kebutuhan kalsium harian dan menjaga berat badan. Selain itu, mencukupi kebutuhan istirahat dengan tidur dan bangun pada jam yang sama juga sangat membantu.

Gejala yang terjadi memang pantas untuk dikhawatirkan, sebagian perempuan bisa saja toleransi terhadap perubahan-perubahan di masa puber kedua, sementara yang lain masih memerlukan bantuan medis. Untuk itu tidak ada salahnya bagi perempuan yang mengalami gejala di atas untuk segera berkonsultasi dengan dokter.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *