- Lansia

Cara Berlari Lebih Cepat yang Dapat Anda Lakukan Sendiri

Bagi sebagian orang, lari jarak jauh adalah kegiatan atau aktivitas yang mereka lakukan dengan sungguh-sungguh – kegiatan yang telah mendapatkan tempat permanen dalam rutinitas kebugaran mereka karena mereka tahu itu sangat baik bagi tubuh dan juga kesehatan mereka. Namun, berlari dengan tempo yang biasa-biasa saja tidak akan memberikan efek yang signifikan pada tubuh Anda. Cobalah berlari dengan lebih cepat pada kegiatan berlari Anda selanjutnya. Untuk mencapainya, berikut adalah tips yang dapat Anda ikuti agar bisa berlari lebih cepat.

Mengapa Saya Harus Berlari Lebih cepat?

Meskipun tidak ada yang salah dengan berlari dalam tempo yang lambat dan dalam jarak yang tidak begitu jauh, namun hal ini tentu akan berpengaruh pada efek yang diberikan untuk tubuh Anda. Selain itu, jika berlari dengan kecepatan dan jarak yang sama terus-menerus akan terasa sangat monoton dan bisa menyebabkan kebosanan saat Anda melakukannya.

Cara berlari lebih cepat berikut dibagikan oleh berbagai pelatih terkenal di dunia. Menurut pelatih-pelatih ini, berlari dengan cepat dapat meningkatkan kinerja jantung Anda menjadi lebih cepat, memungkinkan Anda untuk membakar kalori dalam waktu yang lebih singkat. Mengintegrasikan kecepatan dapat meningkatkan kinerja Anda dalam jangka panjang, juga, dengan meningkatkan konsumsi oksigen dan menarik serabut otot yang berdetak cepat untuk bekerja di samping serabut otot yang berdetak dengan lambat yang biasanya bergantung pada tubuh.

Bahkan perbedaan beberapa detik bisa sangat berarti agar Anda menjadi lebih cepat, Anda mungkin harus menjadi lebih kuat. Anda harus bernapas lebih efisien. Anda akan membuat perbaikan di banyak bidang yang dianggap sebagai peningkatan marginal dalam waktu, pada kenyataannya, merupakan peningkatan menyeluruh.

Bagaimana Caranya?

Mulailah dengan menambahkan latihan kecepatan secara perlahan ke rutinitas Anda sehingga Anda tidak kelelahan. Mungkin Anda bisa mulai dengan satu hingga tiga kali seminggu di mana Anda berlari dengan lebih cepat. Namun, jangan terlalu dipaksakan. Berikan waktu pada tubuh Anda untuk beradaptasi dengan hal ini. Pada awalnya, mungkin Anda akan merasa kesakitan di beberapa bagian tubuh karena hal ini tentu bukan jenis lari yang biasa Anda lakukan. Namun, hal ini tidak akan bertahan selamanya. Semakin lama Anda melakukannya, maka Anda akan semakin terbiasa untuk berlari dengan cepat.

Apakah Treadmill Dibutuhkan?


Meski treadmill merupakan cara yang baik untuk memastikan Anda mencapai target tertentu, namun berlari dengan lebih cepat tidak berarti Anda harus berada di ruangan gym yang tertutup terus menerus. Anda bisa memanfaatkan fitur di smartwatch yang Anda miliki untuk membaca kecepatan lari Anda secara akurat. Dengan begitu, Anda bisa mengatur kecepatan lari yang Anda harapkan.

Jika Anda memutuskan untuk berlari di luar ruangan, misalnya di taman. Cobalah ubah kecepatan Anda ketika Anda berada di antara setiap tiang lampu atau persimpangan misalnya. Berlari dengan cepat untuk mencapai dua tiang lampu, lalu jogging untuk dua putaran selanjutnya, dan ulangi urutan tersebut hingga delapan kali. Ketika memulai latihan berlari lebih cepat, sangat penting bagi Anda untuk tetap konsisten dalam melaksanakan rutinitas Anda minggu demi minggu karena perubahan ini membutuhkan waktu dan kesabaran dengan tubuh Anda. Dengan kata lain, jangan berhenti pada saat pertama kali Anda merasa ingin menyerah karena hal tersebut merupakan tanda bahwa Anda akan berhasil.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *