- Hidup Sehat

Cryolipolysis

Cryolipolysis merupakan perawatan kosmetik non-bedah dimana prosedur tersebut menggunakan suhu dingin untuk menghilangkan sel lemak.

cryolipolysis

Cryolipolysis dilakukan dengan membekukan sel-sel lemak pada bagian tubuh tertentu. Tidak seperti jenis sel lainnya, sel lemak sangat rentan terhadap suhu dingin. Jika pasien menggunakan prosedur ini, lemak tubuh akan berkurang tanpa merusak jaringan lainnya.

Tidak hanya itu, cryolipolysis juga digunakan untuk mengatasi bagian tubuh secara spesifik yang mengandung lemak dimana lemak tersebut tidak dapat dihilangkan dengan diet atau olahraga secara teratur. Selain itu, cryolipolysis tidak dapat dilakukan jika pasien mengalami obesitas atau kenaikan berat badan secara signifikan.

Prosedur cryolipolysis dilakukan pada bagian wajah, lengan, perut, dan kaki, dan prosedur tersebut dilakukan oleh dokter spesialis bedah plastik.

Mengapa Cryolipolysis Perlu Dilakukan?

Cryolipolysis sangat diperlukan jika seseorang memiliki tujuan sebagai berikut:

  • Mengurangi lemak tubuh dengan berat badan yang hampir ideal, atau tidak dapat diatasi dengan diet atau berolahraga.
  • Mengurangi risiko efek samping jangka panjang.
  • Menghindari komplikasi pada tubuh.
  • Tidak membutuhkan anestesi lokal atau obat antinyeri.
  • Menghancurkan sel lemak pada bagian tubuh tertentu seperti perut bagian atas dan bawah.

Prosedur Cryolipolysis

Jika Anda memiliki lemak pada tubuh dan ingin melakukan prosedur cryolipolysis, Anda dapat melakukannya. Anda tidak perlu melakukan persiapan apapun untuk menjalani prosedur tersebut. Meskipun demikian, Anda perlu pastikan bahwa tubuh Anda sehat dan berat badan Anda mendekati ideal. Cryolipolysis bukan merupakan cara untuk mengurangi berat badan secara signifikan.

Dokter atau penyedia layanan kesehatan akan mengambil foto tubuh Anda, baik sebelum maupun sesudah melakukan prosedur cryolipolysis. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui perkembangan pada tubuh Anda.

Untuk melakukan prosedur cryolipolysis, Anda akan ditangani oleh dokter atau tenaga medis terlatih. Berikut adalah langkah-langkah untuk melakukan prosedur cryolipolysis:

  • Tim medis akan menggunakan pensil khusus untuk menandakan bagian tubuh yang terdapat lemak yang ingin dihilangkan.
  • Tindakan tersebut dilakukan dengan perangkat genggam dan aplikator yang serupa dengan nozzle pada penyedot debu.
  • Bagian tubuh yang ditargetkan akan dioleskan dengan gel pad untuk menjaga kondisi kulit pasien.
  • Aplikator akan mengalirkan suhu dingin yang diarahkan ke bagian tubuh yang ditargetkan.
  • Tonjolan lemak akan dihisap ke dalam hallow applicator.
  • Beberapa fasilitas kesehatan memiliki mesin yang memungkinkan dokter untuk merawat beberapa bagian tubuh yang ditargetkan dalam satu kali kunjungan.

Selama Anda mengikuti prosedur cryolipolysis, Anda akan merasakan sensasi seperti dicubit. Secara keseluruhan, prosedur cryolipolysis menimbulkan rasa sakit ringan.

Dokter juga akan memijat bagian tubuh yang dirawat untuk memecah jaringan dalam yang beku. Cara tersebut bertujuan untuk membuat tubuh pasien menyerap sel-sel lemak yang hancur.

Prosedur cryolipolysis membutuhkan waktu antara 1 hingga 3 jam. Selama prosedur cryolipolysis berlangsung, pasien diperbolehkan untuk melakukan aktivitas sesuai kebutuhan seperti mengerjakan tugas menggunakan laptop.

Hasil Dari Prosedur Cryolipolysis

Setelah mengikuti prosedur cryolipolysis, energi dari lapisan lemak akan diangkat. Prosedur ini menyebabkan sel-sel lemak mati secara bertahap.

Beberapa bulan kemudian, sel-sel lemak yang mati akan berangsur dicerna tubuh dimana proses tersebut akan dikirim ke sistem limfatik untuk disaring sebagai limbah. Pada waktu tersebut, Anda akan melihat perubahan pada tubuh Anda, yakni pengurangan sebanyak 20%.

Efek Samping

Hal lain yang perlu Anda perhatikan adalah efek samping cryolipolysis. Cryolipolysis dapat membuat seseorang mengalami kemerahan, pembengkakan, memar, nyeri, dan kram pada tubuh.

Kesimpulan Cryolipolysis merupakan salah satu prosedur medis yang relatif aman, karena tidak menimbulkan efek samping yang parah pada tubuh. Meskipun demikian, cryolipolysis tidak dapat dilakukan jika pasien mengalami masalah berat badan yang terjadi secara signifikan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *