- Hidup Sehat

Decaf Coffee, Kopi Jenis Apakah Itu?

Minuman kopi sekarang ini sudah menjadi asupan wajib bagi hampir kebanyakan orang. Tidak hanya orang pekerja saja, bahkan kalangan remaja pun menyukai minuman ini. Pasalnya, kopi bisa dinikmati kapanpun, naik di pagi hari, siang hari bahkan malam hari Bersama teman atau rekan kerja. Terlebih lagi menjamurnya kedai-kedai kopi kekinian yang menyediakan tempat nyaman untuk ngobrol sambal minum kopi. Nah, bagi Anda pecinta kopi, pernahkan Anda mendengar tentang decaf coffee?

decaf coffee

Decaf coffee atau nama lain dari decaffeinated adalah jenis kopi yang mengandung kafein sangat sedikit sekali, bahkan banyak orang bilang bahwa decaf coffee adalah kopi tanpa kafein. Pasalnya, sebanyak 97% kandungan kafein pada decaffeinated coffee hilang.

Decaf coffee adalah…

Sama seperti kopi pada umumnya, decaf coffee adalah kopi yang terbuat dari biji kopi di mana sebagian besar kafein yang mengandung di dalamnya telah dihilangkan sebelum proses pemanggangan dan penggilingan.

Sebelum melalui proses pemanggangan, biji kopi biasanya direndam dalam pelarut organik sampai menyerap semua kafein pada biji kopi. Setelah itu biji kopi tanpa kafein tersebut dikeringkan dengan tingkat kelembaban yang normal. Selain itu, pelarut yang biasanya digunakan untuk menghilangkan kafein adalah etil asetat dan metilen klorida.

Kegiatan merendam kopi dengan larutan tersebut dilakukan selama beberapa kali hingga kafein yang terkandung di dalamnya hanya tersisa sedikit saja. Semua proses tersebut biasanya dikontrol dengan cermat sehingga tetap berada di bawah batas normal kandungan kafein pada decaf coffee.

Berapa banyak kafein pada decaf coffee?

Jenis kopi ini tidak sepenuhnya bebas kafein. Pun begitu jumlah kafein pada tiap cangkir akan berbeda-beda, tetapi biasanya satu cangkir decaf coffee mengandung sekitar 3 mg kafein. Sebuah studi mengatakan bahwa kandungan kafein pada decaffeinated coffee ini sekitar 0-7 mg kafein per cangkirnya (180 ml).

Sedangkan pada kopi normal, kafein yang terkandung dalam satu cangkir rata-rata mengandunug sekitar 70-140 mg kafein, tergantung pada jenis kopi, metode persiapannya, dan ukuran cangkir yang digunakan saat penyajiannya.

Lalu apakah decaf coffee itu sehat?

Meskipun tanpa kafein sekalipun, decaffeinated coffee masaih mengandung antioksidan yang dapat meningkatkan kesehatan Anda. Faktanya, kopi tersebut telah terbukti menurunkan risiko terkena diabetes tipe 2, penyakit Parkinson, alzheimer, kanker payudara, kanker prostat, dan kanker hati.   

Apakah decaf coffee lebih baik daripada kopi biasa?

Untuk beberapa orang yang tidak bisa mengonsumsi kafein, decaffeinated tentu saja lebih baik daripada kopi biasa pada umumnya. Pasalnya, ibu hamil dan menyusui pun aman mengonsumsi kopi ini karena kafein yang terkandung di dalamnya sangat sedikit sekali.  Meskipun begitu, pada kondisi Kesehatan tertentu Anda harus tetap konsultasikan hal tersebut pada dokter Anda.

Pada beberapa orang, kafein sering kali membuat kecemasan dan gelisah. Tetapi hal tersebut akan berkurang saat Anda mengonsumsi kopi dengan kafein sangat rendah ini. Jadi, pilihan tergantung Anda apakah akan tetap mengonsumsi kopi dengan kafein normal atau decaf coffee.

Tidak hanya itu, kopi mengandung antioksidan yang sangat banyak, dan kopi minim kafein ini pun mengandung jumlah antioksidan yang sama dengan kopi biasa. Meskipun mungkin lebih rendah hingga 15% dibandingkan dengan kopi normal.

Pebedaan jumlah antioksidan yang terkandung tersebut bisa dikarenakan hilang saat proses dekafeinasi. Antioksidan sangat efektif dalam menetralkan senyawa reaktif yang disebut radikal bebas. Sehingga dapat membantu mencegah penyakit seperti, jantung, kanker, dan diabetes tipe 2. Selain itu dapat mengurangi risiko kematian dini, serta kematian akibat stroke dan penyakit jantung. Kopi merupakan salah satu minuman yang sehat, termasuk decaf coffee. Jika dikonsumsi dengan aturan yang jelas dan tidak berlebihan. Pun akan sehat jika dikonsumsi oleh orang-orang yang tidak memiliki kondisi Kesehatan tertentu. Jika Anda memiliki kondisi kesetahan tertentu dan ingin mengonsumsi kopi ini, ada baiknya untuk konsultasi ke dokter, apakah Anda aman atau tidak jika mengonsumsinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *