- Hidup Sehat

Inilah Cara Membersihkan AC yang Hemat dan Mudah

Air conditioner (AC) tak terpisahkan dari kehidupan sebagian orang. Terlebih bagi mereka yang tinggal di daerah dengan suhu udara tinggi, alat elektronik yang satu ini  sudah pasti menjadi kebutuhan.

Menggunakan AC memang menjadi bagian yang dibutuhkan dan disukai oleh banyak orang, sebab menjadi lebih nyaman ketika di dalam ruangan. Sayangnya, tidak semua orang memberikan perhatian memadai dalam hal perawatannya. Padahal AC yang kotor justru menjadi polusi bagi penggunanya.

Kadang orang jarang melakukan perawatan AC karena cara membersihkan AC kadang rumit dan mahal, harus melibatkan pihak lain, serta sangat menyita waktu. Apakah Anda termasuk yang merasakan hal tersebut?

Sebetulnya Anda tidak harus selalu memanggil jasa layanan pembersih AC, sebab membersihkan AC sendiri pun tidak sulit. Berikut ini cara membersihkan AC yang bukan hanya mudah, tetapi juga ekonomis.

Cara membersihkan AC secara mandiri

Kuman dan debu dapat menumpuk pada AC. Kemudian, kuman dan debu akan disebarkan kembali ke seluruh ruangan dan akhirnya terhirup. Itu sebabnya, AC perlu dibersihkan secara rutin.

Disarankan untuk membersihkan AC paling tidak setiap bulan. Atau setiap kali Anda merasa filter AC sudah dipenuhi debu, meskipun belum genap satu bulan.

Bagian yang penting diperhatikan bila Anda ingin membersihkan AC sendiri, pastikan AC tidak terhubung dengan aliran listrik. Semua sumber listrik yang terhubung dengan AC sebaiknya dimatikan.

Lalu, Anda dapat mulai menyiapkan alat-alat yang dibutuhkan, antara lain sikat gigi bekas, obeng, kain lap bersih, cairan pembersih, air bersih seperlunya, serta mesin penyedot debu atau vacuum cleaner. Kini, Anda sudah siap untuk mulai proses pembersihan AC.

Nah, perlu diingat, cara membersihkan AC berikut ini, khusus untuk AC indoor. Sedangkan untuk unit AC yang berada di bagian luar rumah, sebaiknya memang dikerjakan oleh tenaga profesional. Sebab mencakup evaporator dan bagian-bagian lainnya.

Adapun cara membersihkan AC yang berada di dalam rumah adalah sebagai berikut:

  • Penutup AC dibuka dengan menggunakan obeng. Setelah penutupnya terbuka, Anda akan melihat bagian filter.
  • Periksa bagian filter tersebut, apakah ada kerusakan atau tidak. Jika ditemukan kerusakan, Anda dapat menggantinya.
  • Bila tidak ditemukan kerusakan, maka filter dapat dibersihkan dari tumpukan debu dengan alat-alat yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Rendam filter di dalam cairan pembersih khusus sambil dibersihkan dengan menggunakan sikat gigi bekas.
  • Setelahnya, Anda perlu menjemur filter AC hingga benar-benar kering. Sebab jika tidak benar-benar kering, berisiko tumbuh jamur pada filter AC tersebut.
  • Pilihan lain yang dapat dilakukan selain merendamnya, bersihkan filter AC dengan lap basah atau vacuum cleaner.
  • Setelah dirasa bersih dan kering, filter AC dipasang kembali ke tempat semula. Anda perlu memastikan seluruh komponen terpasang dengan baik dan benar.
  • Bagian dalam sudah tuntas dibersihkan, tinggal bagian penutup AC yang dibersihkan dengan menggunakan lap kering. Termasuk sela-sela permukaan AC yang cukup rawan menjadi tempat penumpukkan debu.

Kini, Anda tidak perlu khawatir lagi tentang gangguan pernapasan akibat debu atau kuman yang disebarkan oleh AC yang kotor. Menerapkan cara membersihkan AC yang baik dan benar secara rutin dapat menjaga Anda dan keluarga risiko gangguan-gangguan pernapasan. AC yang bersih dan terawat menjamin kualitas udara lebih bersih pula.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *