- Hidup Sehat

Manfaat Air Garam untuk Kecantikan dan Kesehatan Kulit

Garam sudah dikenal sejak dahulu kala sebagai penyedap rasa masakan. Namun, di balik itu kandungannya ternyata memiliki beragam kegunaan bagi kesehatan. Untuk kesehatan biasanya garam dilarutkan terlebih dahulu di dalam air. Nah, manfaat air garam itulah yang digunakan untuk berbagai macam terapi.

Satu dari sekian manfaat air garam bagi tubuh adalah mempercantik kulit, utamanya wajah. Salah satu alasannya adalah karena air garam mengandung mineral, seperti kalsium, potasium, silikon, sodium, dan lainnya.

Lantas, apa saja manfaat air garam untuk kesehatan dan kecantikan kulit? Berikut ulasannya:

  1. Mengentaskan Jerawat

Air garam juga mampu memberikan manfaat untuk menghilangkan jerawat di wajah Anda. Hal ini dikarenakan dalam garam terkandung belerang dan potasium yang bermanfaat untuk menyeimbangkan air dalam kulit. Selain itu juga menyingkirkan kotoran untuk menghindari tumbuhnya jerawat.

Air garam juga memiliki sifat antibakteri yang dapat membantu mengatasi jerawat. Tidak hanya itu, air garam juga mampu mengontrol produksi minyak (sebum) di kulit wajah Anda. Untuk memanfaatkannya, pastikan wajah Anda sudah bersih dari sisa kotoran yang masih menempel di permukaan kulit. Setelah itu, basuh wajah menggunakan air garam, lalu bilas dengan air mengalir dan keringkan dengan handuk bersih.

  • Berperan Sebagai Facial Steamer

Facial dengan air garam dapat membuka pori-pori di wajah Anda. Caranya pun sangat mudah, panaskan air garam disebuah panci lalu hadapkan muka Anda sembari menunduk ke arah panci tersebut sehingga uap air garam dapat menempel di wajah Anda. Selain itu, jika air garam sudah hangat celupkan handuk bersih ke air garam lalu tutuplah wajah Anda dengan handuk tersebut. Diamkan selama 10 menit lalu bilaslah dengan air dingin.

  • Menjadi Skin Exfoliator

Pijatlah wajah Anda dengan air garam dan minyak zaitun. Proses ini dapat membuat kulit menjadi lebih lembut, bersinar, kenyal dan bersinar secara natural. Tak hanya itu saja, jika dilakukan secara berkala kedua bahan ini dapat menghilangkan kerut-kerut di wajah Anda.

  • Pengganti Toner

Tak perlu menggunakan toner dari produk kosmetik yang mengandung bahan kimia, karena ternyata air garam pun dapat menjadi toner alami untuk kulit wajah Anda. Salah satu manfaat air garam adalah mengurangi minyak berlebih di wajah. Dimana, minyak berlebih dapat menyebabkan timbulnya masalah kulit wajah seperti jerawat dan komedo.

  • Detoks Alami

Air garam juga dapat mendetoksifikasi segala sesuatu yang ada di wajah Anda. Basuhlah wajah dengan air garam lalu diamkan selama beberapa menit. Air garam tersebut bermanfaat untuk menghilangkan racun di wajah Anda, menghilangkan sel-sel kulit mati dan membuat wajah menjadi lebih segar.

  • Scrub Alami

Selain dilarutkan dengan air, garam juga bisa digunakan sebagai bahan alami untuk scrub wajah. Ini karena garam memiliki tesktur seperti butiran-butiran kecil yang jika digunakan sebagai scrub, bisa membantu mengangkat sel-sel kulit mati di wajah.

  • Mengatasi Luka

Air garam memiliki kemampuan anti-inflamasi yang bisa membuat proses penyembuhan luka lebih cepat dan mudah. Mandi air garam membantu membunuh bakteri dan hal itu mencegah iritasi kulit. Air garam juga mampu meningkatkan tingkat hidrasi kulit sehingga proses penyembuhan luka bisa lebih cepat. Tambahkan segelas air garam ke dalam bathub yang diisi air hangat. Untuk menambah kenyamanan, kamu bisa menambahkan beberapa tetes essential oil lavender atau wangi lainnya.

  • Manjadi Relaksan

Tak hanya itu saja, air garam ternyata juga bermanfaat untu meredakan rasa stres di dalam diri Anda. Sebelum tidur, usapkanlah wajah Anda dengan air garam lalu bilas dengan air dingin. Air garam tersebut dapat memberikan energi pada kulit sehingga kulit wajah menjadi lebih segar dan rasa stres pun menghilang.

***

Dari beragam manfaat air garam di atas, adakah Anda mulai tertarik untuk menerapkannya di kulit wajah Anda? Jika, ya, pastikan tetap menerapkan penggunaan yang aman. Bila perlu konsultasikan dahulu dengan dokter kulit Anda agar manfaat air garam benar-benar Anda rasakan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *