- Penyakit

Mengenal Computer Vision Syndrome dan Bahayanya

Berkembangnya teknologi menyebabkan banyak kemudahan hidup bermunculan. Adanya gadget berupa ponsel atau laptop tentu membuat beberapa aktivitas menjadi lebih efektif dan efisien. Akan tetapi, ada dampak buruk yang muncul karena mata terus menerus menatap layar gadget yaitu computer vision syndrome.  Jika computer vision syndrome dialami seseorang, maka hal tersebut menunjukkan bahwa mata mengalami kelelahan berlebih dan butuh istirahat. Apabila computer vision syndrome dialami terus menerus dan dalam jangka waktu lama tentu bisa berbahaya bagi kondisi kesehatan Anda secara general.

Gejala computer vision syndrome

Bagi Anda yang mengalami computer vision syndrome, terdapat beberapa gejala yang nampak dan bisa dijadikan penanda. Gejala paling umum ditandai pada bagian mata. Biasanya ketika Anda mengalami computer vision syndrome, mata akan terasa merah, berair atau kering, serta terasa lelah. Selain itu, penglihatan menjadi kabur karena terlalu lama menatap layar. Gejala lain yang menyertai yaitu sakit kepada dan nyeri pada bagian pundak dan leher.

Bahaya computer vision syndrome

Sebenarnya, computer vision syndrome tidak terlalu berbahaya. Hanya saja, jika Anda membirkannya terlalu sering  dan dalam jangka panjang, computer vision syndrome dapat memicu terjadinya kondisi medis lain yang serius. Beberapa bahaya yang mungkin muncul di antaranya yaitu penurunan kualitas penglihatan, radiasi dari sinar gadget, kelelahan berlebih, dan postur tubuh yang memburuk.

Cara mencegah computer vision syndrome

Bisakah computer vision syndrome dicegah? Tentu bisa. Beberapa cara berikut ini dapat Anda terapkan agar terhindar dari computer vision syndrome.

  • Posisi layar gadget

Posisi layar gadget  ternyata juga menjadi salah satu penyebab computer vision syndrome. Untuk itu, Anda perlu memperhatikan hal ini. Jarak ideal monitor laptop atau komputer yaitu 50-60cm dari mata Anda. Ketinggiannya juga perlu disesuaikan sehingga kepala Anda tidak akan merasa lelah karena posisinya telah dibuat tepat.

  • Pengaturan jeda

Ketika menatap layar, Anda dapat menghindari computer vision syndrome dengan mengatur jeda dengan tepat. Lebih sering Anda mengambil jeda untuk tidak menatap layar maka lebih baik. Jeda tersebut tidak perlu terlalu lama, cukup beberapa menit saja, asal lakukan secara konsisten.

  • Mengatur cahaya

Pengaturan cahaya juga penting agar tidak terkena computer vision syndrome. Cahaya yang perlu diatur yaitu dari dua sumber: cahaya ruangan dan cahaya layar gadget Anda. Untuk cahaya ruangan, usahakan tidak langsung mengenai wajah Anda. Apabila menggunakan cahaya buatan berupa lampu, pastikan lampu cukup terang (tidak remang-remang) serta tidak menyorot wajah secara langsung. Untuk cahaya alami, hindari duduk menghadap langsung ke jendela atau membelakangi jendela. Hal ini bertujuan agar cahaya ruangan alami yang Anda dapatkan merata dan tidak terpusat sehingga dapat terhindar dari computer vision syndrome.

  • Senam mata

Anda juga dapat mencoba melakukan senam mata untuk mencegah computer vision syndrome. Caranya yaitu dengan bergantian melihat objek yang jauh dari mata selama 10 detik kemudian kembali melihat objek yang dekat. Hal tersebut akan membantu mata menjadi lebih rileks dan kembali fokus.

  • Asupan cairan

Dehidrasi akan menyebabkan mata kering karena computer vision syndrome menjadi lebih parah. Anda perlu memperhatikan asupan cairan yang diperlukan oleh tubuh. Penuhi cairan tersebut dengan minum air putih dengan cukup sehingga tubuh tidak mengalami dehidrasi.

  • Sirkulasi udara

Sirkulasi urdara yang baik dapat membantu mencegah terjadinya computer vision syndrome. Sirkkulasi yang baik akan membantu meningkatkan kualitas udara di ruanagn tersebut. Pastikan udara tidak terlalu kering dan tidak terlalu lembab. Hindari pula debu dan asap rokok di dalam ruangan agar mata tidak mudah mengalami iritasi.

Gunakan gadget seperlunya saja agar Anda terhindar dari computer vision syndrome. Apabila pekerjaan memang menuntut Anda untuk selalu di depan layar, pastikan Anda menerapkan berbagai upaya untuk mencegah terjadinya computer vision syndrome. Kesehatan mata menjadi penting sebab hal tersebut merupakan aset berharga bagi diri sendiri. Anda juga dapat mengonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung serat dan vitamin A agar mata senantiasa sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *