- Hidup Sehat

Mengenal Manfaat Jambu Mete Bagi Kesehatan

Kerap menjadi opsi camilan sehat dan kudapan istimewa, kacang mete memang cukup populer di tengah masyarakat Indonesia. Tapi, tahukah Anda kacang mete bukan termasuk jenis kacang-kacangan?

‘Kacang’ ini merupakan biji dari jambu monyet atau jambu mete. Di dalam jambu mete, terdapat serat, fruktosa, asam amino, vitamin C, hingga berbagai mineral yang penting bagi tubuh.  Kandungan nutrisi inilah yang membuat jambu mete memiliki ragam manfaat bagi kesehatan tubuh.

Manfaat jambu mete

Kesalahpahaman bukan hanya terjadi pada anggapan kacang mete merupakan jenis kacang-kacangan. Tetapi juga pada buah jambu mete itu sendiri.

Buah ini tentu diasosiasikan ke dalam keluarga jambu. Selain karena namanya, bentuk jambu mete juga menyerupai jambu air. Padahal, buah yang satu ini sebetulnya bagian dari keluarga mangga.

Meski banyak kekeliruan yang beredar di masyarakat tentang identitas jambu mete, namun manfaatnya tetap nyata.

1. Membantu meningkatkan sistem imun

Jambu mete dipercaya dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Tidak lain, karena kandungan zinc dan antioksidan yang ada di dalamnya.

Seperti diketahui, antioksidan mampu menangkal efek buruk dari radikal bebas. Sehingga kerusakan sel dan sistem imun akibat radikal bebas dapat dihindari. Sementara itu, zinc membantu tubuh melawan bakteri.

Sehingga, konsumsi jambu mete secara teratur dipercaya dapat mencegah Anda sakit atau mempercepat pemulihan.

2. Meningkatkan kesehatan tulang dan otot

Di dalam jambu mete, terdapat berbagai mineral yang bermanfaat untuk menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang dan otot.

Terdapat magnesium yang dapat menjaga kesehatan tulang, otot, jaringan, serta berbagai organ lainnya. Terdapat pula fosfor yang memainkan peranan penting dalam menjaga kesehatan tulang dan kesehatan sel secara umum.

Tidak hanya itu, masih ada kalsium. Mineral yang satu dikenal sangat luas terkait peranannya dalam membentuk tulang yang sehat dan kuat.

3. Meningkatkan kesehatan mata

Mengonsumsi jambu mete secara rutin dipercaya dapat meningkatkan kesehatan mata. Hal ini diduga karena adanya kandungan lutein dan zeaxanthin di dalam buah ini.

Lutein dan zeaxanthin merupakan dua dari sekian banyak jenis antioksidan. Kedua zat ini dapat mencegah kerusakan mata akibat radiasi sinar matahari serta mencegah terjadinya katarak.

4. Meningkatkan kesehatan kulit

Kandungan ragam mineral, seperti selenium, zinc, besi, fosfor, dan magnesium, membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan kulit. Ditambah dengan adanya vitamin C di dalam jambu mete. Seperti diketahui, vitamin yang satu ini merangsang produksi kolagen

Kekurangan vitamin dan mineral tersebut dapat membuat regenerasi kulit tidak berjalan baik. Akibatnya, kulit lebih cepat menjadi kendur atau muncul tanda-tanda penuaan dini.

5. Membantu menurunkan kolesterol

Jambu mete juga disebut-sebut mampu membantu menurunkan kadar kolesterol ‘jahat’ (LDL) di dalam tubuh. Di saat bersamaan, buah ini membantu meningkatkan HDL.

Karenanya, jambu mete berperan dalam mencegah terjadinya hipertensi atau tekanan darah tinggi. Terlebih, buah ini mengandung magnesium dan kalium yang diketahui berperan dalam pengelolaan tekanan darah.

Kemampuan ini juga membuat jambu mete menjadi salah satu pilihan buah yang disarankan dalam rangka mencegah timbulnya penyakit jantung. Seperti kita ketahui, ada kaitan yang sangat erat antara kadar kolesterol di dalam darah, tekanan darah tinggi, dan terjadinya serangan jantung.

Meski diketahui bahwa jambu mete memiliki ragam nutrisi yang membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tubuh, buah ini bukan dalam posisi untuk menggantikan obat. Anda tetap perlu berkonsultasi dengan dokter terkait hal tersebut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *