- Operasi

Mengenal Metode Ultrafiltrasi pada Pasien Gagal Jantung

Dalam praktiknya, ultrafiltrasi dapat digunakan dalam skala yang lebih luas. Prosedur medis ini juga dapat digunakan dalam perawatan pasien gagal jantung. Seperti pengertiannya, prosedur penanganannya tetap berfokus pada pembuangan cairan berlebih di dalam tubuh pasien.

Secara umum, istilah ultrafiltrasi menggambarkan pemisahan cairan yang dilarutkan oleh membran semipermeable. Dilakukan dengan mesin yang ringkas dan portabel, ultrafiltrasi dapat dilakukan dengan aman di unit kesehatan manapun atau bahkan di klinik rawat jalan khusus jantung yang memiliki personel yang sudah terlatih dan professional.

Ultrafiltrasi bukanlah pengobatan pertama untuk pasien dengan gangguan pernapasan akut akibat kelebihan cairan karena gagal jantung. Ketika metode ini digunakan untuk mengatasi gagal jantung, ultrafiltrasi bekerja untuk menghilangkan kelebihan cairan tanpa adanya gangguan yang berlebih dari organ vital pasien seperti, elektrolit serum, atau fungsi ginjal yang tanpa menguras volume intravaskuler.

  • Memahami Proses Ultrafiltrasi

Mesin ultrafiltrasi diprogram untuk menghilangkan kelebihan cairan dalam skala besar dengan kecepatan yang ditentukan oleh penyedia layanan kesehatan yang dianjurkan. Cairan dihilangkan pada volume maksimum 500 mL / jam selama periode, yang prosesnya biasanya memakan waktu antara 8 hingga 24 jam. Semua parameter ditetapkan secara hati-hati dengan memperhatikan kondisi pasien dengan tujuan mendukung keseluruhan proses terapi. Filter dan tabung sekali pakai antikoagulan digunakan untuk mencegah trombosis filter.

Karena menghilangkan kelebihan cairan tanpa mengganggu keseimbangan elektrolit pasien, ultrafiltrasi telah terbukti memungkinkan membuang lebih natrium pada konsentrasi 140 mEq / L sementara hanya dapat mengeluarkan sekitar 4 mEq / L kalium. Sebagai perbandingan, pasien yang diobati dengan diuretik seperti furosemide atau bumetanide akan kehilangan natrium pada konsentrasi tidak lebih dari 90 mEq / L tetapi dapat kehilangan kalium pada konsentrasi hingga 30 mEq / L, yang kemudian menghasilkan ketidakseimbangan elektrolit yang signifikan dan berpotensi membahayan kondisi pasien.

  • Dampak Positif dan Negatif Metode Ultrafiltrasi

Salah satu manfaat terbesar dari ultrafiltrasi adalah tidak adanya efek pada keseimbangan cairan keseluruhan pasien. Selain fungsi ginjal yang membaik secara umum, ultrafiltrasi memiliki bebrapa manfaat berikut:

  • Zat-zat yang dikeluarkan akan dipulihkan selama kurang lebih 30 hari bersamaan dengan penghapusan sitokin dan racun proinflamasi.
  • Mempersingkat waktu rawat inap karena gagal jantung dan mengurangi masa perawatan di rumah sakit hingga 3 bulan setelah ultrafiltrasi.
  • Penghapusan natrium yang tanpa meningkatkan sekresi renin ginjal atau hipovolemia intravaskular
  • Meningkatan detak jantung dan menurunkan tekanan pada arteri atrium dan paru kanan
  • Menurunkan kadar neurohormon
  • Menurunkan risiko kelainan elektrolit, seperti hipokalemia, dan koreksi hiponatremia
  • Mengurangi kelebihan cairan lebih cepat dan mengurangi gejala bersamaan dengan perubahan   dalam denyut jantung dan TD
  • Berkurangnya aktivitas sistem saraf neurohormonal dan simpatik
  • Mengurangi gejala pada  zat-zat yang dikeluarkan.

Meskipun ultrafiltrasi menghasilkan banyak hasil positif, beberapa efek yang tidak diinginkan dapat terjadi juga. Di antaranya:

  • komplikasi terkait akses vaskular (seperti infeksi atau trombosis)
  • perdarahan, baik dari pemutusan sirkuit atau antikoagulasi
  • emboli udara
  • hiperkalemia
  • Azotemia prerenal yang memburuk atau AKI

Ketika ultrafiltrasi diberikan kepada pasien dengan gagal jantung yang bervolume-lebih, namun  memiliki kekebalan terhadap zat-zat yang akan dikeluarkan, maka keadaan pasien akan dalam kondisi yang baik-baik saja terhadap reaksi dan hasil yang ditimbulkan pasca proses ultrafiltrasi.  Hal tersebut dapat mengurangi lama rawat inap pasien setelah proses ultrafiltrasi, serta  memiliki prosentasi kecil untuk dirawat kembali di rumah sakit.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *