- Penyakit

Obat Sakit Telinga Alami yang Bisa Dipakai di Rumah

Sakit telinga bisa menyerang kedua bagian telinga, tetapi biasanya hanya terjadi pada salah satu telinga. Rasa sakitnya bisa terasa terus-menerus atau hilang timbul. Intensitas nyeri saat sakit telinga pun bervariasi, mulai dari nyeri yang ringan, tajam, hingga bisa terasa perih dan panas.

Penyebab sakit telinga juga beragam, secara umum kondisi ini disebabkan karena infeksi, iritasi atau cedera. Jika Anda merasakan sakit telinga yang disertai demam dan kehilangan pendengaran sesaat, biasanya sakit tersebut disebabkan infeksi bakteri.

Sebelum pergi ke dokter dan menggunakan obat-obatan dari apotek, Anda bisa menyembuhkan sakit telinga dengan melakukan perawatan di rumah. Caranya juga sangat mudah dan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan. Berikut obat sakit telinga yang alami:

  • Tidur dengan posisi yang tepat

Hal utama yang perlu Anda perhatikan adalah posisi tidur. Aturlah posisi tidur agar telinga tetap tegak seperti Anda sedang duduk. Jika posisi tidur dengan posisi duduk tidak nyaman buat, Anda bisa menganjal kepala ke dua bantal atau lebih.

Posisi ini bisa mendorong cairan di telinga untuk lebih mudah mengalir, sehingga bisa mengurangi tekanan dan rasa sakit pada telinga. Jika rasa sakit hanya terasa di satu bagian telinga, cukup tidur dengan posisi menyamping berlawanan arah dengan posisi telinga yang sakit.

  • Kompres telinga

Cara lain untuk mengatasi sakit telinga di rumah dengan mengompres telinga. Kompres panas atau dingin dapat memberi rasa nyaman pada telinga yang sakit, membuat rileks otot-otot, melancarkan peredaran darah, dan diyakini dapat mencegah peradangan terjadi. Tempelkan kompres pada bagian telinga yang sakit selama 10-20 menit.

  • Kompres dengan bawang putih

Bawang putih yang ada di rumah bisa Anda manfaatkan untuk dijadikan obat sakit telinga. Meskipun tidak ada penelitian spesifik tentang efek bawang pada infeksi telinga, tetapi senyawa aktif bernama allicin yang terkandung dalam bawang putih telah diteliti memiliki efek antibakteri yang dapat menghambat pertumbuhan bakteri.

Cara menggunakannya, cukup potong beberapa siung bawang segar dan bungkus dengan kain bersih, kemudian pegang di atas telinga selama 5-10 menit. Selain itu, Anda juga bisa mengonsumsi bawang putih untuk mendapatkan khasiatnya.

  • Minum air jahe

Sifat antiperadangan alami yang dimiliki jahe bisa Anda manfaatkan sebagai obat sakit telinga yang alami. Minum air jahe sekali sehari dapat mendapatkan efek antiperadangan untuk membantu menangani nyeri telinga Anda.  

  • Membersihkan telinga

Sakit telinga bisa Anda atasi dengan rutin membersihkan bagian luar telinga dengan kassa atau kain bersih yang sudah dicelupkan dengan air hangat. Andah tidak perlu mengorek bagain dalam telinga dengan cotton bud karena justru bisa mendorong kotoran lebih dalam dan berpontensi melukai gendang telinga sehingga menyebabkan infeksi. Cukup bersihkan telinga dengan perlahan-lahan.

Untuk mengembalikan telinga pada kondisi yang sehat, Anda bisa mencoba cara-cara di atas, yang diimbangi dengan selalu menjaga kebersihan telinga, hindari asap rokok, dan tidak menggunakan cotton bud untuk membersihkan kotoran telinga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *