cara menjaga kesehatan kulit
- Hidup Sehat

Para Remaja Perlu Mengetahui Cara Menjaga Kesehatan Kulit

Di usia remaja, perawatan kulit itu sangat penting untuk dilakukan, karena tidak ada salahnya menjaga kesehatan kulit sejak dini. Terlebih, ketika memasuki masa pubertas, hormon-hormon tubuh yang timbul kerap memicu timbulnya jerawat. Jangan sampai sudah terlanjur mengalami masalah kulit baru mulai mencari-cari cara menjaga kesehatan kulit, lebih baik mencegah dari pada mengobati.

Masalah kulit menjadi kekhawatiran nyata bagi banyak remaja, terutama remaja putri. Kendati demikian, remaja putra juga dapat mengalami, bahkan bisa jadi dalam skala yang lebih parah, masalah kulit. Sebenarnya bagaimanakah cara menjaga kulit remaja? Berikut beberapa aktivitas yang dapat dilakukan:

  • Rutin Membersihkan Wajah

Menjaga kebersihan wajah tidak kalah penting dengan membersihkan bagian tubuh yang lainnya, maka dari itu biasakan untuk mencuci wajah sehari dua kali saat pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Manfaat dari rutin mencuci wajah yaitu kotoran, seperti sel kulit mati yang menyumbat pori–pori, polusi atau debu yang menempal pada wajah, dan sisa make up yang menumpak pada wajah dapat hilang. Walaupun para remaja biasanya belum menggunakan make up tapi jangan dipikir wajah tetap bersih ya, karena remaja pada umumnya masih beraktivitas di luar ruangan sehingga kemungkinan besar polusi dan debu banyak menempel pada wajah.

  • Gunakan Pelembab Kulit

Setelah mandi jangan lupa untuk selalu memakai pelembap kulit wajah atau pelembap badan. Menggunakan pelembap tentu saja sangat membantu untuk menjaga keadaan kulit agar tetap kenyal, lembap, dan juga tidak kering.

Dengan begitu, kulit tidak akan terlihat kusam dan kering. Hal inilah yang membuat mengapa menggunakan pelembap masuk ke dalam daftar cara menjaga kesehatan kulit yang wajib dilakukan.

  • Menggunakan Tabir Surya

Menggunakan tabir surya saat beraktivitas di luar rungan perlu dilakukan untuk melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar UVA atau UVB. Tak hanya melindungi kulit dari paparan sinar UV saja, tabir surya juga mampu melembapkan kulit karena pada dasarnya formula dari tabir surya biasanya dari bahan–bahan aktif seperti moisturaizer. Moisturaizer ini berfungsi untuk menghindari kulit kering dan tetap lembap.

Membiasakan diri menggunakan tabir surya sejak remaja adalah cara yang baik untuk menjaga kesehatan kulit. Karena tabir surya akan mencegah terjadinya penuaan dini seperti munculnya garis–garis halus, flek hitam, dan berkurangnya elastisitas kulit. Bahan aktif yang terdapat dalam tabir surya ini akan membantu mempertahankan kondisi kolagen, elastisin, dan keratin kulit wajah sehingga kemunculan tanda–tanda penuaan dini bisa dihindari.

  • Berjemur di Pagi Hari

Pagi hari merupakan waktu yang paling tepat untuk berjemur di bawah sinar matahari. Karena saat pagi hari, sinar matahari dapat membantu memproduksi vitamin D lebih banyak secara alami. Oleh karena itu sangat disarankan untuk berjemur jam 9 pagi untuk mendapatkan sinar matahari dengan kualitas yang baik untuk kulit. Vitamin D yang didapatkan saat pagi hari dapat menjaga warna kulit tetap cerah dan membantu membentuk pigmen kulit yang sehat.

  • Perbanyak Minum Air Putih

Air putih merupakan kunci utama untuk melembapkan kulit dari dalam dan melancarkan nutrisi ke sel–sel kulit. Mengonsumsi air putih secara rutin juga mampu memperbaiki jaringan kulit dan meningkatkan elastisitas kulit. Bagi remaja yang memiliki masalah kulit berjerawat mengkonsumsi air putih secara rutin dapat menjadi solusi, karena air putih akan membersihkan racun dari dalam tubuh dan kulit.

***

Tidak ada salahnya mulai membiasakan menjaga kesehatan kulit dari remaja, justru itu langkah awal yang baik untuk mencegah beberapa masalah kulit untuk ke depannya. Selain menggunakan perawatan untuk kulit jangan lupa juga untuk selalu melakukan pola hidup sehat seperti mengkonsumsi makanan yang baik untuk kulit, dan berolahraga. Jadi, cara menjaga kesehatan kulit yang baik dan benar mengombinasikan upaya dari dalam dan luar tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *