- Kehamilan

Pentingnya Memenuhi Asupan Kalsium saat Hamil untuk Kesehatan Janin

Kalsium adalah salah satu mineral yang diperlukan untuk membentuk, membangun, atau memperkuat tulang. Kebutuhan asupan kalsium saat hamil meningkat karena dibutuhkan untuk membentuk tulang dan gigi janin. Kalsium juga termasuk dalam satu dari lima zat gizi mikro yang mendapat perhatian penting oleh Kementerian Kesehatan dalam Pedoman Gizi Seimbang untuk ibu hamil.

Pentingnya Memenuhi Asupan Kalsium Saat Hamil

Para ahli mengatakan bahwa kebutuhan kalsium ibu hamil akan meningkat pada trimester ketiga. Karena pada saat itu tulang bayi berkembang dengan cepat. Memenuhi asupan kalsium saat hamil juga memiliki manfaat lain, seperti:

  • Membantu dan memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi bayi.
  • Bermanfaat untuk produksi ASI yang lebih sehat dan kaya kalsium.
  • Mengurangi lemak tubuh. Sebuah studi dari University of Tennessse menunjukkan pola konsumsi tinggi produk olahan susu rendah lemak dapat memacu sel-sel lemak untuk menghasilkan sedikit lemak.
  • Baik untuk kesehatan tulang ibu. Para ahli mengatakan kehamilan dapat menjadi saat yang tepat untuk kesehatan tulang ibu. Itu dikarenakan ibu menyerap lebih banyak kalsium dan tubuh menciptakan estrogen penguat tulang.

Tips Memenuhi Asupan Kalsium Saat Hamil Untuk Kesehatan Janin

Agar kebutuhan asupan kalsium saat hamil selalu tercukupi, ikutilah beberapa tips berikut ini:

  1. Konsumsi Makanan Hewani Tinggi Kalsium. Indian Council of Medical Research (ICMR) telah mencantumkan kebutuhan kalsium harian wanita hamil sebesar 1.200 mg. Selain baik untuk kesehatan tulang dan gigi, kalsium juga baik untuk produksi ASI. Konsumsi makanan hewani tinggi kalsium yang disarankan seperti Ikan teri, ikan salmon, ikan kakap, telur, susu, daging, atau keju untuk mendapatkan asupan kalsium yang dibutuhkan tubuh.
  • Mengutamakan Memilih Makanan dari Tanaman yang Kaya Kalsium. Selain makanan hewani, ibu hamil juga bisa mengonsumsi makanan dari tanaman yang kaya akan kalsium seperti bayam, brokoli, kangkung, sawi, dan kacang almond. Brokoli merupakan salah satu sayuran yang mengandung zat anti kanker dan tinggi kalsium. Sayuran ini juga mudah didapatkan dan dapat diolah sesuai selera.
  • Memilih Camilan dan Buah-buahan Tinggi Kalsium. Bagi sebagian orang, nafsu makan akan meningkat saat hamil. Hal itu bisa disiasati dengan memakan camilan atau buah-buahan tinggi kalsium seperti keju, susu, kacang-kacangan, oatmeal, kurma, jeruk, alpukat dan buah beri.
  • Mengonsumsi Suplemen. Menurut pedoman umum, seorang wanita membutuhkan 1000 mg kalsium per hari. Akan tetapi, wanita hamil dan menyusui membutuhkan lebih dari 1200-1400 mg kalsium per hari. Oleh karena itu, ibu hamil bisa mengonsumsi suplemen tambahan dengan terlebih dahulu berkonsultasi pada dokter. Terlalu banyak kalsium juga tidak baik, karena dapat mengganggu kemampuan tubuh untuk menyerap mineral lain dan bisa menyebabkan risiko batu ginjal.
  • Mengonsumsi Produk Olahan Susu Rendah Gula. Apabila Anda merasa mual saat mengonsumsi sumber kalsium hewani, olahan permen susu, yogurt, atau es krim dari susu rendah gula dapat menjadi pilihan yang tepat. Namun usahakan tetap dalam takaran wajar untuk menjaga kesehatan Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *