- Hidup Sehat

Perbedaan PMS dan Hamil, Bagaimana Cara Membedakannya?

Bagi wanita yang telah menikah dan belum memiliki anak, menunggu waktu datang bulan atau menstruasi merupakan hal yang mendebarkan. Bagaimana tidak, jika menstruasi datang maka kehamilan pun tidak terjadi, pun sebaliknya jika tidak haid maka kemungkinan hamil lebih besar. 

pms

Sayangnya, gejala atau tanda wanita akan mestruasi dan hamil sangat mirip sekali. Seperti, kram perut dan nyeri atau sensitif pada bagian payudara. Namun, apa sebenarnya perbedaan PMS dan hamil yang sebenarnya? 

Apa itu PMS?

Pra menstruasi Syndrom atau PMS atau menstruasi adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi setiap bulan. Menstruasi dimulai saat pubertas dan berlangsung hingga seorang wanita mengalami menopause. 

Menstruasi dimulai saat lapisan rahim terlepas (kira-kira setiap 28 hari atau lebih) karena kehamilan tidak terjadi. Periode menstruasi disebabkan oleh variasi normal dalam kadar hormon estrogen dan progesterone, yang dikenal dengan siklus menstruasi. Banyak wanita mengalami gejala termasuk kram, kembung, nyeri payudara, dan perubahan suasana hati sekitar waktu periode menstruasi. 

PMS sendiri biasanya ditandai dengan suatu kondisi dengan gejala psikologis dan fisik yang berkembang di beberapa titik setelah Anda berovulasi (yang terjadi selama pertengahan siklus menstruasi), dan berakhir saat Anda mulai menstruasi. Gejala PMS dapat berupa iritabilitas, depresi, menangis, kelelahan, kembung, jerawat, nyeri payudara, dan perubahan nafsu makan termasuk mengidam makanan. 

Perbedaan PMS dan hamil

Seorang wanita mungkin sulit untuk membedakan antara PMS atau kehamilan.  Berikut beberapa perbedaan PMS dan hamil, meliputi:

  1. Pendarahan atau bercak

Bercak ringan (tidak cukup perdarahan untuk menggunakan tampon atau pembalut) kadang-kadang terjadi sekitar waktu implantasi embrio ke dalam rahim pada awal kehamilan. Hal ini dikenal sebagai pendarahan implantasi. Ini tidak sama dengan pendarahan hebat yang mungkin dialami pada beberapa wanita di awal menstruasi.

  1. Kelelahan

Kelelahan biasa terjadi pada wanita pada tahap awal kehamilan, tetapi juga terjadi sebagai tanda PMS pada banyak wanita. Namun, hal yang membedakan kelelahan PMS akan hilang begitu haid dimulai. 

  1. Mengidam atau ingin sesuatu

Banyak wanita menginginkan makanan atau mengidam yang dikarenakan peningkatan nafsu makan sebelum menstruasi. Namun, mengidam makanan dan ketidakinginan juga merupakan suatu ciri khas dari kehamilan, meskipun mengidam makanan selama kehamilan lebih spesifik dan intens daripada selama PMS atau sebelum menstruasi. 

  1. Mual dan muntah

Mual dan muntah lebih umum terjadi pada awal kehamilan dan bukan merupakan gejala umum PMS atau mendekati periode menstruasi. Oleh karnea itu, jika Anda sedang hamil, kemungkinan besar Anda akan mengalami gejala-gejala tersebut. 

  1. Kram

Kram dan nyeri perut atau pangul terjadi pada banyak wanita sebelum atau bahkan selama masa periode menstruasi. Gejala-gejala ini seringkali sangat mengganggu bagi wanita penderita PMS. Namun, beberapa wanita mungkin akan mengalami kram ringan pada tahap awal kehamilan.  

Gejala dan tanda yang unik pada kehamilan

Gejala tertentu akan datang lebih awal pada kehamilam, dan cenderung tidak terjadi karena periode menstruasi atau PMS yang akan datang. 

  • Haid terlewat atau terlambat, atau tidak adanya menstruasi adalah gejala khas dari kehamilan. 
  • Pendarahan atau kram implantasi, seperti yang telah dibahas sebelumnya, mungkin ada perdarahan dan kram yang sangat ringan pada saat implantasi embrio di rahim selama awal kehamilan. Ini sangat berbeda dengan aliran menstruasi normal.
  • Keputihan, peningkatan produksi estrogen selama kehamilan dapat menyebabkan peningkatan keputihan seperti putih susu.
  • Area puting dan areaola berwarna gelap, penggelapan atau pembesaran areola atau puting dapat terjadi pada satu atau dua minggu setelah terjadinya pembuahan atau pada tahap awal kehamilan. Itu juga bisa berkemang di kemudian hari selama kehamilan berlangsung. Hal ini bukan sebuah tanda PMS atau mendekati menstruasi.

Jadi, untuk memastikan apakah Anda hamil atau tidak ada baiknya untuk menggunakan tes kehamilan. Hal tersebut merupakan satu-satunya hal yang membedakan antara PMS dan kehamilan. Anda pun dapat melihat perbedaan PMS dan hamil dari gejalanya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *