Soto Ayam Tinggi Kalori? Atasi dengan Cara Berikut
- Hidup Sehat

Soto Ayam Tinggi Kalori? Atasi dengan Cara Berikut

Siapa yang tidak suka dengan soto ayam? Di Indonesia, soto ayam telah menjadi salah satu makanan khas yang digemari oleh banyak orang. Tapi, meski rasanya enak, beberapa orang juga mengkhawatirkan kalori soto ayam yang dianggap cukup tinggi.

Sebenarnya, untuk mengetahui kalori pada soto ayam, Anda bisa menghitung kadar kalori pada setiap bahan yang digunakan di dalam sebuah soto ayam. Karena setiap soto ayam disajikan dengan cara yang berbeda-beda, kadar kalorinya pun mungkin akan berbeda-beda juga. 

Menghitung kalori soto ayam

Dalam soto ayam, tentunya daging ayam menjadi bahan utama. Setiap bagian pada daging ayam memiliki kadar kalori yang berbeda-beda.

Rata-rata satu dada ayam dengan berat 172 gram memiliki kalori sebesar 284. Sementara, untuk paha ayam dengan berat 52 gram, kalorinya sebesar 109.

Kemudian, untuk daging dari sayap ayam seberat 21 gram, kalorinya mencapai 42,6. Dan untuk daging paha bagian bawah ayam dengan berat 44 gram, kalorinya adalah 76.

Angka kalori yang telah disebutkan di atas semuanya ditentukan berdasarkan berat daging ayam yang digunakan. Semakin besar atau semakin banyak ayam dalam porsi soto ayam, maka semakin tinggi juga kalorinya.

Sementara, untuk soto ayam dengan porsi daging ayam yang sedikit, kalorinya cenderung lebih rendah.

Tidak hanya itu, proses memasak ayam juga akan menentukan kadar kalori soto ayam. Biasanya, bila ayam yang dipakai dalam soto dimasak dengan cara direbus, kalorinya akan lebih rendah. Untuk ayam yang digoreng menggunakan minyak, kalorinya akan lebih tinggi.

Membuat soto ayam yang rendah kalori dan kolesterol

Biasanya, makanan yang tinggi akan kalori juga cenderung tinggi kolesterol. Hal yang sama pun juga terjadi pada soto ayam. Ketika Anda mengonsumsi soto ayam yang tinggi kalori, Anda juga sedang meningkatkan asupan kolesterol ke dalam tubuh Anda.

Agar Anda tetap bisa mengonsumsi soto ayam secara sehat, cobalah lakukan tips berikut ini: 

  • Mengganti daging

Anda bisa mencoba untuk menggunakan daging lain sebagai alternatif daging ayam. Gunakan produk lain dengan kalori yang lebih rendah dari daging ayam, seperti tahu, kedelai, dan lain sebagainya.

Bahan-bahan seperti tahu dan kedelai tentu memiliki kalori yang lebih rendah dari daging ayam. Dengan begitu, soto ayam yang Anda buat pun akan menjadi lebih sehat. 

  • Tambahkan kacang-kacangan

Berbagai jenis kacang-kacangan bisa membantu dalam meningkatkan kesehatan jantung Anda. Bila dicampurkan ke dalam soto, soto ayam yang Anda buat akan menjadi lebih menyehatkan.

Anda tidak harus menambahkan kacang-kacangan dalam bentuk utuh. Anda bisa juga memanfaatkan bubuk tertentu dengan kandungan kacang-kacangan untuk meningkatkan nutrisi soto tanpa menambah kadar lemak.

Biasanya, kacang yang digunakan sebagai tambahan dalam soto ayam berupa kacang merah, kacang tanah, kacang garbanzo, dan lain sebagainya. 

  • Berhati-hati menggunakan kaldu

Selain daging, kaldu juga menjadi bahan utama dalam soto ayam. Kaldu yang enak bisa mendukung rasa soto yang enak pula. Tapi, sama seperti daging, kaldu juga mengandung kadar kalori dan lemak tertentu yang akan menambah kalori soto secara keseluruhan.

Anda bisa memilih untuk membeli kaldu yang sudah dijual jadi di toko atau membuat kaldu sendiri. Tentunya, kaldu yang dibuat sendiri akan lebih menyehatkan dan rendah kalori. 

Kadar kalori soto ayam sebenarnya berbeda-beda, tergantung jenis ayam yang digunakan dan cara penyajiannya. Untuk memastikan soto ayam benar-benar rendah kalori, Anda bisa mencoba untuk membuatnya sendiri di rumah. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *