- Hidup Sehat

4 Jenis Obat Meriang di Apotek yang Mudah Didapat, Baca Aturan Pakai

Meriang merupakan mekanisme normal tubuh dalam melawan mikroorganisme jahat yang masuk ke tubuh. Ketika metabolisme tubuh melawan virus atau bakteri tersebut, maka akan menimbulkan reaksi berupa tubuh meriang. Biasanya Anda bisa beristirahat dan beli obat meriang di apotek untuk diminum sehingga gejalanya tidak semakin parah.

obat meriang di apotik

Penyebab Meriang

Meriang menandakan kondisi tidak enak badan dan sedang mengalami demam. Biasanya meriang terjadi karena adanya peradangan akibat infeksi virus, bakteri, dan zat lain. 

Suhu dingin juga dapat menyebabkan tubuh meriang. Misalnya ketika Anda kehujanan, begadang di malam hari, berenang terlalu lama atau mengenakan pakaian yang basah, misalnya. 

Ada juga penyebab lain yang menyebabkan Anda meriang, seperti radang tenggorokan, flu, hipotiroid, infeksi penyakit lain, ataupun efek samping dari penggunaan obat-obatan tertentu.

Ciri-ciri Anda meriang bisa ditandai dengan:

  • Suhu tubuh di atas 37,5 derajat Celsius
  • Pusing dan kepala terasa sakit
  • Tubuh menggigil
  • Tidak nafsu makan
  • Nyeri sendi
  • Merasa lemas
  • Keringat berlebihan

Bahkan pada anak biasanya bisa diikuti dengan gejala seperti mual, muntah, batuk, sakit tenggorokan, serta diare.

Gejala-gejala meriang tersebut bisa dikurangi dengan beristirahat dan minum obat merian di apotek.

Obat Meriang di Apotek yang Bisa Dikonsumsi

Perlu diketahui bahwa meriang sebenarnya adalah kondisi yang tidak terlalu darurat dan bahkan bisa sembuh dengan sendirinya. Akan tetapi biasanya menyebabkan rasa tidak nyaman akibat gejala-gejala yang dialami. Sehingga minum obat di apotek untuk mengurangi gejala bisa dilakukan sambil beristirahat.

Lalu, apa saja obat meriang di apotek yang bisa dan aman untuk dikonsumsi?

  1. Paracetamol

Paracetamol memang sudah terkenal menjadi obat untuk mengatasi meriang yang mudah didapatkan di apotek. Paracetamol digunakan untuk menurunkan suhu tubuh karena demam. Bahkan paracetamol juga bisa digunakan untuk mengobati pilek, flu, skait kepala, nyeri pada tubuh, sakit gigi, hingga sakit punggung.

Anda bisa menemukan obat meriang di apotek yang mengandung paracetamol. Jangan lupa pula untuk membaca aturan pakai dan dosis yang disarankan sebelum mengkonsumsinya.

  1. Ibuprofen

Sama seperti paracetamol, ibuprofen juga termasuk obat yang sering terdengar dikonsumsi oleh banyak orang untuk mnegatasi meriang dan demam. Ibuprofen termasuk obat antiinflamasi nonsteroid yang bisa mengurangi rasa sakit di berbagai kondisi. Bisa untuk mengatasi sakit kepala, sakit gigi, kram saat haid, radang sendiri, nyeri otot, untuk flu, batuk, hingga demam.

Ibuprofen ini mudah ditemukan di apotek. Namun, perhatikan dosis dan aturan minum sebelum mengkonsumsi ibuprofen untuk mengatasi meriang.

  1. Naproxen

Naproxen juga tergolong obat antiinflamasi nonsteroid (OAINS) yang juga dijadikan sebagai obat meriang. Obat ini akan mencegah tubuh memproduksi senyawa yang bisa menyebabkan peradangan. 

Naproxen merupakan sejenis obat yang biasanya digunakan untuk mengobati sakit kepala, meredakan nyeri, kram perut saat haid, sakit gigi, asam urat, dan radang sendi.

Tetap, sebelum mengkonsumsi obat meriang di apotek sepertoi napoxen ini, baca aturan pakai, dosisi serta efek samping yang ditimbulkan. 

  1. Aspirin

Obat meriang di apotek lainnya ada juga aspirin. Seperti ibuprofen dan naproxen, aspirin juga tergolong OAINS. Aspirin bekerja menghambat senyawa alami dalam tubuh yang menyebabkan rasa nyeri dan pembengkakan. Aspirin juga bisa digunakan untuk mengobati nyeri sendi, sakit kepala, sakit gigi, hingga flu.

Namun aspirin ini tidak disarankan dikonsumsi oleh anak-anak yang berusia masih di bawah 12 tahun. Aspirin juga tidak diperbolehkan dikonsumsi lebih dari 3 hari untuk meredakan demam. 

Setelah mengkonsumsi empat jenis obat meriang di apotek ini untuk meredakan meriang dan demam namun tak kunjung sembuh, sebaiknya konsultasikan dengan dokter agar mendapatkan penanganan lebih lanjut.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *