- Lansia

5 Produk Perangkat Rumah untuk Mempermudah Aktivitas Lansia

Apakah anda memiliki orang tercinta atau anggota keluarga yang sudah lanjut usia? Bagi para lansia yang lebih memilih tinggal sendiri ataupun dengan keluarga, mereka membutuhkan perangkat rumah yang dirancang khusus untuk keselamatan mereka. Dengan adanya perangkat rumah ini, kegiatan sehari-hari mereka lebih mudah dan aman. Perangkat rumah ini tidak harus mahal, asalkan berkualitas dan tahan pakai. Berikut adalah 5 perangkat rumah yang mempermudah aktivitas lansia, yang bisa menjadi pilihan Anda.

  1. Perlengkapan mandi

Pastikan keselamatan saat mandi dengan menyediakan keset khusus area kamar mandi. Perangkat rumah ini bisa memberikan stabilitas saat lansia harus bergerak keluar atau masuk dari area basah kamar mandi.

Pilih keset khusus kamar mandi yang antiselip. Ini penting, karena potensi jatuh di kamar mandi cukup tinggi. Bangku mandi juga diperlukan, sehingga para lansia bisa beristirahat saat mandi. Pilih bangku mandi yang memiliki sandaran dan pegangan tangan.

Selain itu, Anda bisa memasang pegangan di dekat bathtub, berikut tangga kecil untuk mempermudah akses ke bathtub.

  1. Kebutuhan toilet

Aktivitas sederhana seperti menggunakan toilet, bisa terasa sangat sulit bagi lansia. Oleh karena itu, pegangan tangan khusus toilet yang dipasang pada bagian kanan dan kiri toilet bisa sangat membantu pergerakan duduk dan bangkit para lansia.

  1. Peralatan memasak

Dengan perangkat rumah yang tepat, kegiatan memasak tidak akan terasa sangat sulit lagi bagi para lansia. Pembuka makanan kaleng otomatis atau pembuka botol/stoples khusus adalah perlengkapan rumah yang mempermudah mereka tanpa harus selalu menunggu bantuan orang lain.

  1. Perlengkapan tidur

Untuk seluruh usia, matras harus selalu selalu dalam kondisi prima, terutama untuk para lansia. Alas matras antiair bisa menjadi perangkat rumah untuk  mengatasi terjadinya tumpahan air atau insiden kecil lainnya.

Tergantung pada kondisi lansia, perangkat rumah berupa pagar tempat tidur juga bisa menjadi produk yang sangat membantu untuk akses tempat tidur sekaligus mencegah potensi terjatuh. Beberapa produk pagar tempat tidur juga dilengkapi dengan saku atau kompartemen kecil untuk menyimpan benda-benda penting. Perangkat rumah yang menggunakan teknologi dan dapat dipakai lansia bisa membantu keseharian mereka. Misalnya, alarm darurat untuk menghubungi anggota keluarga jika terjadi kecelakaan. Ada juga telepon khusus lansia dengan fitur angka dan huruf yang lebih besar, sekaligus menjadi alarm darurat. Beberapa perusahaan teknologi memang menciptakan produk dan perangkat rumah khusus lansia, mulai dari pencatat konsumsi obat hingga aplikasi mobil khusus penderita Alzheimer. Semua kemudahan teknologi dan perangkat rumah tersebut memberikan manfaat bagi aktivitas dan hidup lansia yang lebih aman, sehat dan berkualitas.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *