- Hidup Sehat

7 Makanan Terbaik untuk Nutrisi Rambut Bagi Pertumbuhan

Tidak sedikit orang yang menginginkan rambut sehat dan indah, terutama seiring bertambahnya usia. Pasalnya, semakin bertambahnya usia, tidak sedikit orang yang mengalami kerontokan pada rambutnya.

Perlu Anda ketahui, seberapa cepat pertumbuhan rambut akan sangat tergantung dari faktor usia, kesehatan, genetik, serta manakan, termasuk nutrisi rambut. Jadi, Anda tidak dapat mengubah faktor genetik dan usia, tetapi Anda dapat mengonsumsi makanan dengan nutrisi yang tepat dan membantu meningkatkan pertumbuhan rambut. Berikut beberapa makanan terbaik untuk meningkatkan pertumbuhan rambut.

  • Telur

Telur merupakan sumber protein dan biotis yang baik, kedua kandungan tersebut dapat meningkatkan pertumbuhan rambut Anda. Mengonsumsi protein penting untuk pertumbuhan rambut karena folikel rambut sebagian besar terbuat dari protein, kekurangan protein dalam makanan terbukti dapat meningkatkan kerontokan rmbut.

Biotin sangat penting untuk produksi proten rambut yang disebut keratin, itulah sebabnya suplemen biotin sering dipasarkan untuk perumbuhan rambut. Dan, kekurangan bitoin jarang terjadi jika Anda mengonsumsi makanan yang seimbang. Selain itu, telur juga merupakan sumber zinc, selenium, dan nutrisi rambut lainnya.

  • Bayam

Bayam merupakan sayuran hijau sehat yang kaya akan serat dan nutrisi seperti folat, zat besi, dan vitamin A dan C, yang semuanya dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Vitamin A dapat membantu kelenjar kulit dalam menghasilkan sebum. Zat berminyak ini akan membantu melembabkan kulit kepala agar rambut tetap sehat.

30 gram bayam mengandung 54% vitamin A harian Anda. Tidka hanya itu, bayam pun merupakan sumber zat besi nabati yang baik untuk pertumbuhan rambut. Zat besi dapat membantu sel darah merah membawa oksigen ke seluruh tubuh untuk memicu metabolism dan membantu pertumbuhan serta perbaikan. Terlebih lagi, kekurangan zat besi dapat membuat kerontokan pada rambut.

  • Ikan

Ikan berlemak seperti salmon dan makarel memiliki nutrisi yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Mereka adalah sumber asam lemak omega-3 yang sangat baik, yang telah dikaitkan dengan pertumbuhan rambut.

Sebuah penelitian pada 120 orang wanita menemukan bahwa mengonsumsi suplemen yang mengandung asam lemak omega-3 dan omega-6 serta antioksidan dapat mengurangi kerontokan rambut dan meningkatkan kepadatan rambut. Jenis ikan ini pun mengandung banyak protein, selenium, citamin D3 dan vitamin B.

  • Ubi jalar

Ubi jalar adalah sumber beta karoten yang baik. Tubuh mengubah senyawa ini menjadi vitamin A yang terkait dengan kesehatan rambut Anda. Vitamin A pada ubi jalar dapat meningkatkan produksi sebum yang akan membantu menjaga ksehatan rambut. Terlebih lagi, vitamin A juga dapat mempercepat laju pertumbuhan rambut dan mendorong pertumbuhan rambut yang lebih tebal, sekaligus mencegah folikel rambut yang rontok lainnya.

  • Alpukat

Sepertinya kita tahu bahwa alpukat memiliki banyak sekali manfaat, termasuk untuk nutrisi rambut sehat. Mereka juga merupakan sumber vitamin E yang sangat baik yang dapat meningkatkan pertumbuhan rambut. Satu buah alpukat sedang sekitar 200 gram menyediakan 21% dari kebutuhan vitamin E harian Anda.

Sama seperti vitamin C, vitamin E memiliki antioksidan yang membantu memerangi stres oksidatif dengan menetralkan radikal bebas. Tidak hanya itu, vitamin E juga melindungi area kulit kepala dari kerusakan. Kulit kepala yang rusak dapat menjadi penyebab kualitas rambut yang buruk, serta folikel rambut yang lebih sedikit.

Terlebih lagi alpukat adalah sumber asam lemak esensial. Lemak ini tidak diproduksi oleh tubuh, tetapi oleh bahan pembanung yang penting dari sel Anda. Kekurangan asam lemak esensial telat dikaitkan dengan kerontokan rambut juga. Jadi, konsumsi alpukat secara teratur ya.

  • Kacang

Kacang merupakan sumber protein nabati yang baik untuk pertumbuhan rambut. Kacang-kacangan pun menjadi sumber seng yang baik yang dapat memabntu siklus pertumbuhan dan perbaikan rambut. Nutrisi rambut lainnya yang terdapat dalam kacang termasuk zat besi, biotin, dan folat.

  • Daging

Daging merupakan makanan pokok banyak orang dan kayak akan nutrisi yang juga membantu pertumbuhan rambut. Protein yang terdapat pada daging akan membantu perbaikan serta memperkuat folikel rambut.

Daging merah khususnya, kaya akan zat besi yang mudah diserap. Mineral ini akan membantu sel darah merah mengantarkan oksigen ke seluruh sel di dlam tubuh, termasuk folikel rambut. Kekurangan protein dapat menyebabkan kerontokan pada rambut dan beberapa masalah tubuh lainnya.

Kekurangan nutrisi rambut tentu akan berdampak besar pada kesehatan rambut Anda. Kekurangan vitamin A,B,  C, D, dan E, seng, zat besi, biotin, protein dan asam lemak sesensial dapat memeprlambat pertumbuhan rambut atau bahkan menyebabkan rambut rontok.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *