- Hidup Sehat

Cara Gunakan Korset Lumbal untuk Atasi Syaraf Kejepit

Tiba-tiba merasakan sakit pungung, leher, hingga kaki terasa nyeri tanpa sebab bisa jadi dikarenakan syaraf terjepit. Dikatakan sebagai syarat terjepit karena jaringan di sekitar seperti tulang, otot dan tendon menekan terlalu kencang. Salah satu pengobatan masalah ini adalah dengan penggunaan korset lumbal secara teratur dan sesuai dengan anjuran.

Tekanan yang muncul membuat fungsi syaraf terganggu, setelah itu akan muncul beberapa rasa tak nyaman seperti kesemutan, nyeri, kebas yang membuat tubuh melemah akibat kondisi ini. Karena sangat mengganggu, seseorang tentu menginginkan kondisi ini cepat berlalu. Untuk mengatasinya tentu butuh beberapa cara pengobatan yang harus dilakukan.

Penggunaan Korset Lumbal

Kondisi syaraf terjepit terjadi karena adanya penekanan pada bagian syaraf, disebabkan karena berbagai kondisi terutama yang berhubungan dengan struktur atau adanya kelainan pada tulang belakang. Munculnya trauma pada tulang inilah yang menyebabkan adanya penekanan yang terjadi di bagian syaraf.

Kondisi ini juga bisa terjadi karena postur tubuh, atau posisi tubuh yang tidak sesuai ketika bekerja, seperti duduk dan berdiri terlalu lama. Angkat-angkat beban berat juga menjadi salah satunya, pengobatan yang sangat disarankan untuk masalah ini adalah dengan menggunakan korset tipe lumbal, namun bagaimana cara penggunaan yang benar.

Penanganan kondisi syaraf terjepit bergantung pada seberapa parah kondisi yang dialami pasien atau penderita. Selain itu, hasil pemeriksaan dokter spesialis syaraf juga menjadi patokan bagaimana mengobati kondisi ini. Sementara itu pemakaian korset dianjurkan bagi penderita yang tidak disarankan untuk melakukan operasi,

Namun bagi yang disarankan untuk operasi juga bisa menggunakannya sambil menunggu tibanya proses tersebut, selain itu pasien yang sudah menjalani operasi tulang belakang juga disarankan untuk memakai korset ini. Perlu diketahui bahwa penggunaan korset ini sangat berguna jika kelainan yang muncul terletak pada pinggang atau punggung bagian bawah.

Tujuan penggunaan korset ini adalah mempertahankan postur tubuh yang baik dan mengurangi nyeri yang muncul. Berapa lama pemakaian korset ini juga tergantung pada kondisi, bisa berbulan-bulan bisa juga bertahun-tahun. Tentunya bagi yang tidak memerlukan melakukan operasi, satu hal yang penting adalah melakukan kontrol untuk melihat perkembangan dari hasil pemakaian korset.

Korset bisa digunakan ketika seseorang melakukan aktivitas sehari-hari, atau juga bisa dilepas sesaat sebelum mandi, ketika beristirahat dan juga berbaring. Berikut ini terdapat beberapa hal penting yang perlu diperhatikan dalam penggunaan korset sebagai pengobatan syaraf terjepit, seperti berikut ini.

  • Pakai korset dibarengi dengan melakukan kontrol juga sesuai dengan yang disarankan oleh dokter spesialis syaraf.
  • Usahakan untuk menghindari aktivitas seperti mengangkat benda-benda berat, seperti mengangkat drum yang berisi air dan yang lainnya.
  • Lakukan fisioterapi dan batasi gerakan yang mengarah pada aktivitas terlalu ekstrim seperti mengangkat beban berat ketika bekerja.
  • Usahakan untuk tidak melakukan gerakan berulang ketika melakukan aktivitas sehari-hari, seperti ketika bekerja atau beraktivitas biasa.
  • Perlu mempertahankan posisi tubuh yang baik dan memperhatikan berat badan ideal dengan mengonsumsi makanan sehat serta bergizi.

Terapi fisik diperlukan dengan cara menguatkan dan meregangkan otot-otot di area tubuh yang mengalami efek dari kondisi ini. Selama proses terapi ini tekanan syaraf berangsur-angsur akan berkurang. Tentunya hal ini akan berpengaruh terhadap kondisi syaraf terjepit, selain mengandalkan pemakaian korset lumbal secara rutin dan sesuai dengan anjuran dokter spesialis syaraf.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *