- Kehamilan

Cara Meningkatkan Kesempatan untuk Persalinan Cepat

Setiap persalinan mempunyai keunikan masing-masing. Umumnya, para ibu yang menjalani persalinan pertama akan melalui proses pembukaan yang lama. Sementara bagi ibu yang sudah pernah melahirkan, proses persalinannya bisa berjalan lebih mudah. Untuk meningkatkan kesempatan persalinan cepat, simak ulasan berikut!

Tidur yang Berkualitas

Tidur yang berkualitas merupakan salah satu langkah untuk meningkatkan persalinan cepat. Dengan istirahat yang cukup, artinya Anda telah mempersiapkan energi untuk persalinan yang akan datang. Selain itu, menurut para ahli di Universitas California, tidur lebih dari 6 jam akan membantu calon ibu menghadapi persalinan yang lebih pendek.

Itulah sebabnya, manfaatkan waktu istrahat dengan sebaik mungkin. Jika suka tidur dengan posisi terlentang, Anda bisa menggunakan bantal ekstra untuk tidur semi-tegak dan meminimalisir kemungkinan sakit maag.

Tetap Aktif Selama Masa Kehamilan

Cara lain untuk meningkatkan proses persalinan cepat adalah tetap aktif menjalani kegiatan sehari-hari. Dengan demikian, para ibu dapat lebih mudah melewati proses melahirkan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan di Universitas Vermont, para calon ibu yang berolahraga akan melalui proses persalinan lebih pendek dibandingkan mereka yang jarang beranjak dari sofa. Apabila tidak terbiasa berolahraga, Anda bisa mengawali kegiatan dengan berjalan kaki selama lima belas menit setiap pagi.

Dukungan dari Ibu Dapat Mempersingkat Waktu Persalinan Anda

Meski merasa nyaman dengan meminta sang suami menemani di ruang persalinan, namun keberadaan ibu juga memiliki peran yang penting. Hal ini pun dibuktikan melalui sebuah penelitian di Universitas Toronto. Berdasarkan penelitian tersebut, dukungan seorang ibu yang terus menerus akan membuat proses persalinan menjadi lebih pendek dan mengurangi resiko intervensi.

Siapkan Tubuh serta Pikiran

Walau perasaan gugup merupakan hal yang wajar, tapi kondisi ini bisa membuat proses persalinan berjalan lebih lambat. Sebuah studi pada tahun 2012 bahkan menyebutkan rasa takut melahirkan bisa memperpanjang waktu persalinan.

Oleh sebab itu, agar tidak mengganggu hormon yang bisa mempercepat proses kontraksi, berlatih untuk mengendalikan rasa takut adalah hal yang perlu dilakukan. Selain itu, mendengarkan CD hypnobirthing sejak 32 minggu pertama juga akan mempermudah proses persalinan.

Buang Air Kecil Selama Masa Persalinan

Banyak dari ibu hamil mungkin akan berpikir bisa rutin buang air kecil secara terus menerus. Namun nyatanya, hal tersebut tidak akan berlanjut ketika Anda dalam proses persalinan. Kondisi ini sendiri terjadi karena kekuatan kontraksi bisa membuat calon ibu sulit buang air kecil.

Penting untuk membuang air kecil secara rutin sebelum melahirkan. Berdasarkan penelitian, kandung kemih yang penuh dapat menekan jalan lahir serta membuat proses kontraksi terasa lebih menyakitkan.

Bergerak Selama Persalinan

Di banyak kasus, calon ibu secara naluri akan bergerak selama persalinan. Hal ini bisa mempersingkat waktu kelahiran si buah hati hingga 1 jam. Selain itu, bidan pendamping juga akan mendorong para ibu hamil untuk tetap aktif.

Pasalnya, kondisi tersebut bisa membuat kepala bayi turun dan berada dalam posisi yang tepat. Selain itu, berat bayi yang ada di leher rahim akan memperkuat dan mempercepat waktu kontraksi para calon ibu.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *