- Hidup Sehat

Inilah Fungsi Dinding Sel Pada Tumbuhan

Sel merupakan bagian terkecil pada sebuah hierarki kehidupan makhluk hidup ketimbang bagian yang lainnya. Termasuk salah satunya pada tumbuhan yang memiliki jaringan sel dengan fungsi menopang kehidupannya. Di dalam sel terdapat bagian-bagian yang melingkupinya, termasuk salah satunya adalah dinding sel yang bermanfaat, lantas bagaimana fungsi dinding sel tumbuhan.

fungsi dinding sel

Sel tumbuhan memiliki membran sel yang dilapisi oleh dinding sel, sebuah dinding pembatas kaku di bagian terluar sel tumbuhan yang membatasi ruang bagi sel untuk bisa membesar, dampak yang dimiliki adalah membuat sel tidak dapat bergerak dan berkembang dengan bebas. Dinding sel ini mampu melindungi sel dan memberikan kekuatan struktural terhadap sel tersebut.

Fungsi Dinding Sel Tumbuhan

  1. Menentukan Bentuk dan Kekuatan

Sebagian besar dinding sel terdiri dari selulosa yang di dalamnya terdapat ribuan molekul D-glukosa, antara molekul yang satu dan yang lain saling terikat melalui hidrogen yang sangat kuat. Kondisi itu menciptakan kekakuan dan tekstur sel yang sangat kokoh dan berfungsi membantu tumbuhan ntuk bisa berdiri tegak meskipun tidak memiliki kerangka tulang.

  • Kontrol Terhadap Tekanan Turgor

Tekanan turgor merupakan tekanan yang dipakai oleh konstituen sel pada dinding sel, tekanan ini bisa ditentukan dengan adanya kuantitas air pada vauola, sesuai dengan tekanan osmofotik secara langsung. Gaya yang terjadi pada dinding sel membuatnya menjadi tidak fleksibel dan gaya ini bisa disalurkan kembali ke sel.

Kondisi ini menyebabkan tumbuhan menjadi kaku dan berdiri tegak, meski demikan terdapat keseimbangan antara tekanan dan kekakuan pada dinding sel. Jika muncul tekanan berlebih maka bisa menyebabkan sel pecah, jika tekanan sangat kurang maka membuat sel menjadi lembek.

  • Lalu Lintas Penting Tumbuhan

Memiliki sifat semi-permeabel, dinding sel juga memiliki fungsi lain seperti membantu pengaturan difusi materi melalui apoplast. Kondisi ini memungkinkan terhadinya pertukaran zat, seperti pertukaran zat, yakni peristiwa keluar masuknya protein serta molekul kecil dari sel. Selain itu, terjadi distribusi zat penting lain seperti karbondioksika ke seluruh sel tumbuhan.

  • Melindungi dari Ancaman Bahaya

Tumbuhan memiliki sifat yang tidak dapat bergerak dan berpindah dari tempatnya, maka tumbuhan ini lebih membutuhkan adanya perlindungan dari bahaya apa saja. Kemampuan menjadikan tumbuhan menjadi kaku dan mampu melindungi tumbuhan dari adanya stres mekanik sel, dinding sel telah dianggap sebagai garus pertahanan pertama.

  • Tempat Menyimpan Karbohidrat

Dinding sel tumbuhan mampu bertindak sebagai cadangan karbohidrat yang nantinya bisa digunakan untuk menghadapi berbagai keadaan yang mengerikan maupunl bisa digunakan oleh tumbuhan pada proses metabolik lain.

  • Sumber Signal

Dalam dinding sel terdapat senyawa oligosaccharins yang bisa dapat merangsang sintetis, kitinase dan enzim lain di dalam sel. Sehingga senyawa ini bertindak sebagai hormon bagi sel, ldakan oksidatif pelepasan enzim bisa menghasilkan oksigen yang memiliki keterikatan dengan peroksida, superoksida hingga senyawa lain.

Dinding sel merupakan suatu lapisan luar yang mengelilingi sel-sel tertentu di luar membran sel, semua sel diketahui memang memiliki membran sel, tetapi sebagian besar tanaman jenis alga, jamur, bakteri dan archaea mempunyai sel terhadap dinding sel. Dinding sel memberi kekuatan struktural dan mendukung serta mengontrol jenis dan konsentrasi molekul yang memasuki atau pergi dadi sel.

Untuk bisa membentuk dalam dinding sel tergantung pada jenis organisme, dinding sel berarti yang sudah mengalami banyak perkembangan dalam berbagai kelompok organisme. Fungsi dinding sel tumbuhan adalah memberikan kekuatan struktural pada sel sekaligus melindungi sel tersebut. Selain itu juga memberi bentuk dan membantu pengangkutan berbagai substansi yang melewatinya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *