Masker Bayi Tidak Diperbolehkan? Mungkin Ini Penyebabnya!
- Ibu dan Anak

Masker Bayi Tidak Diperbolehkan? Mungkin Ini Penyebabnya!

Pandemi Covid-19 yang belum juga usai, mengharuskan siapapun menggunakan masker. Hal ini dilakukan untuk menghindari penyebaran virus tersebut yang bisa menular lewat mulut, hidung dan mata. Oleh karena itu, siapa pun disarankan untuk tetap menggunakan masker di mana pun mereka berada. 

Namun, ada sebuah pernyataan bahwa masker bayi tidak diharuskan untuk digunakan. Bahkan dilarang penggunaan masker pada anak di bawah usia dua tahun, terlebih lagi bayi. Kira-kira apa penyebabnya? Dan, bagaimana dengan penularan Covid-19 pada anak yang tidak memakai masker?

Masker bayi di masa pandemi

Centers for disease control atau CDC dan WHO mengharuskan menggunakan masker di tempat umum untuk mencegah penyebaran virus corona. Masker bisa terbuat dari bahan dengan 3 lapis atau pun masker medis. 

Tapi bagaimana dengan bayi dan anak-anak? Banyak orang tua membawa anak mereka ke toko bahan makanan atau supermarket karena tidak ada orang yang menjaga jika ditinggal di rumah. Namun, membawa mereka keluar rumah di tengah pandemi seperti ini pun bukan hal yang dianjurkan. 

Tetapi, menggunakan masker untuk bayi dan anak-anak di bawah dua tahun sangat berbahaya dan tidak dianjurkan. Berikut beberapa hal yang membuat bayi berbahaya menggunakan masker. Meliputi:

  • Saluran napas bayi lebih kecil, jadi bernapas menggunakan masker akan jauh lebih sulit. 
  • Menggunakan masker pada bayi dapat meningkatkan risiko mati lemas. Masker lebih sulit untuk dihirup. Menggunakan masker akan mengurangi akses ke udara, dan ukuran yang longgar tidak akan memberikan banyak perlindungan. 
  • Jika mereka mengalami kesulitan bernapas, bayi tidak dapat melepaskan maskernya sendiri dan bisa membuat bayi mati lemas. 
  • Bayi yang lebih tua atau batita kemungkinan besar tidak akan memakai masker dan kemungkinan akan mencoba melepaskan, bahkan menolak menggunakannya, serta akan lebih sering menyentuh wajah mereka. 
  • Tidak ada masker N95 yang disetujui untuk digunakan pada bayi dan anak-anak. 

Selain bisa menyebabkan bayi mati lemas, masker harus dihindari untuk anak dari segala usia karena masker tersebut dapat menimbulkan bahaya tersedak atau tercekik. 

Cara menghindari Si Kecil dari virus corona

Pandemi yang belum berakhir membuat para orang tua khawatir jika anak dan bayi mereka tertular. Nah, untuk menghindari dan menjaga bayi serta anak kita dari virus Covid-19, Anda bisa melakukan beberapa hal berikut. Misalnya saja seperti:

  • Hindari bayi dan anak dari tempat ramai. Para ahli merekomendasikan untuk menjauhkan mereka dari tempat umum, serta memastikan anggota keluarga bebas dari gejala dan selalu mencuci tangan sebelum menggendong bayi. Jika Anda sebagai orang tua bekerja di luar rumah, sangat disarankan untuk selalu mandi dan mengganti semua pakaian ketika sampai di rumah, dan sebelum menyentuh Si Kecil. 
  • Jaga jarak. Orang tua juga harus mempraktikkan jarak sosial. Jaga jarak bayi atau anak dengan orang yang tidak satu rumah. Jika ingin berinteraksi dengan orang lain atau saudara, Anda bisa lakukan secara virtual. Jadi tidak perlu mengunjungi secara langsung. 
  • Rajin cuci tangan. Selalu cuci tangan dengan sabun dan air mengalir setelah melakukan atau memegang sesuatu, meskipun itu di rumah Anda sendiri. Sering-sering cuci tangan untuk menghindari Anda dari virus corona. 
  • Disinfektan. Pastikan untuk selalu atau secara rutin menyemprotkan desinfektan pada alat-alat rumah tangga yang sering dipegang. Misalnya saja seperti gagang pintu, sakelar, dan beberapa benda atau barang lainnya yang sering dipegang.
  • Hindari menyentuh wajah. Hindari menyentuh wajah Anda dan bayi Anda, terlebih ketika Anda belum mencuci tangan. Jangan biarkan siapapun menyentuh wajah Si Kecil. Tetaplah di rumah saja untuk melindungi bayi Anda dari bahaya virus. Jika Anda harus keluar rumah dan mengajak Si Kecil, pastikan untuk menggunakan kereta bayi dan tutup kereta bayi dengan penutupnya, sehingga terhindar dari bahaya. 

Jadi, kesimpulannya masker bayi sangat tidak dianjurkan untuk digunakan, karena berisiko tinggi bayi mengalami gagal napas. Pun, demikian dengan anak berusia dua tahun atau kurang dari dua tahun. Untuk menghindari Si Kecil dari bahaya virus corona, ada baiknya untuk tetap tinggal di rumah, jangan ajak bayi ke tempat umum yang terdapat banyak sekali orang. Karena memiliki risiko lebih tinggi tertular virus ketika berada di keramaian. 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *