- Hidup Sehat

Meski Mahal, Ini Manfaat Jamur Truffle untuk Kesehatan

Di berbagai belahan dunia, jamur truffle dikenal sebagai salah satu jenis jamur yang cukup mahal. Selain karena kelangkaannya, harga jamur ini juga ditentukan oleh kekayaan nutrisi di dalamnya yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.

jamur truffle

Berbeda dengan jamur pada umumnya, jamur truffle tumbuh di akar pohon yang tertanam sekitar 5-10 cm di bawah tanah. Hal ini membuat jamur lebih sulit untuk didapatkan dan harus dideteksi dengan alat khusus.

Bentuk jamur truffle berbeda dengan jamur pada umumnya. Jamur jenis ini berbentuk bulat, keras, dilapisi oleh kulit bersisik, serta memiliki ukuran yang bervariasi. Sekilas, bentuk dari jamur ini terlihat seperti permen cokelat.

Tidak semua jenis jamur ini sering digunakan sebagai bahan masakan. Biasanya, jenis yang paling umum digunakan adalah truffle putih untuk masakan Italia dan truffle hitam untuk masakan Perancis.

Manfaat jamur truffle bagi kesehatan

Setiap jenis jamur truffle memiliki rasa yang beragam. Akan tetapi, seluruh jenis jamur tersebut sama-sama mengandung gizi yang penting bagi kesehatan tubuh. Berikut ini beberapa manfaat dari jamur truffle bagi kesehatan:

  • Melawan radikal bebas dan kerusakan sel

Jamur jenis ini dipercaya memiliki kandungan antioksidan yang bermanfaat bagi tubuh. Antioksidan ini akan membantu untuk melawan radikal bebas serta mencegah kerusakan pada sel.

Menurut penelitian, kemampuan antioksidan untuk melawan radikal bebas bisa juga menurunkan resiko seseorang terkena penyakit kronis seperti kanker, diabetes, ataupun penyakit jantung.

  • Melawan pertumbuhan bakteri

Selain mengandung antioksidan, jamur jenis ini juga diyakini memiliki sifat antibakteri. Sifat ini akan membantu tubuh dalam melawan macam-macam bakteri yang masuk dan mengurangi pertumbuhannya di dalam tubuh.

Beberapa jenis jamur truffle bisa melawan pertumbuhan bakteri jahat yang menyebabkan penyakit pada manusia. Selain itu, bakteri yang kebal terhadap antibiotik juga bisa diatasi dengan konsumsi truffle.

  • Membunuh sel kanker

Beberapa hasil penelitian menunjukkan bahwa jamur truffle memiliki kemampuan untuk menurunkan resiko terkena penyakit kanker. Kandungan di dalam jamur ini bisa menghambat pertumbuhan sel tumor, khususnya pada hati, paru-paru, payudara, dan usus besar.

Belum ada penelitian yang menyebutkan bahwa jamur ini bisa membunuh segala jenis sel kanker. Meski begitu, sel-sel tumor yang tumbuh pada area-area tertentu dipercaya dapat diatasi dengan konsumsi jamur ini.

  • Mengurangi peradangan

Saat sistem kekebalan tubuh Anda sedang berusaha untuk melawan infeksi penyakit, tubuh rentan mengalami peradangan. Peradangan ini adalah hal yang wajar, namun tidak baik untuk dibiarkan dalam waktu yang lama.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mengonsumsi jamur truffle yang memiliki fungsi untuk meredakan peradangan. Kandungan di dalam jamur bisa menghambat pertumbuhan enzim tertentu yang menyebabkan peradangan. Selain itu, truffle bisa juga membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh secara keseluruhan.

  • Mengandung nutrisi yang berlimpah

Kelebihan jamur truffle dibandingkan dengan jamur lainnya adalah banyaknya kandungan nutrisi yang ada di dalamnya. Di dalam truffle, terdapat kandungan karbohidrat, protein, serat, vitamin C, fosfor, natrium, kalsium, magnesium, dan lain sebagainya.

Kandungan ini bisa berbeda-beda pada setiap jenis jamur, baik truffle putih ataupun truffle hitam. Umumnya, truffle putih memiliki kandungan protein, lemak, dan serat yang lebih tinggi dibandingkan dengan truffle hitam.

Jamur truffle sangat umum digunakan sebagai bahan makanan karena rasa dan aromanya yang unik. Selain itu, jamur ini juga kayak akan nutrisi dan memiliki segudang manfaat untuk kesehatan. Oleh sebab itu, meski memiliki harga yang cukup mahal, cobalah untuk mengonsumsi truffle demi mendapatkan nutrisi yang baik bagi tubuh.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *