- Hidup Sehat

Mulut Terasa Pahit Saat Bangun Tidur? Ini Penyebabnya!

Banyak orang mengalami mulut terasa pahit saat bangun dari tidur. Meski tidak berbahaya atau serius, tetapi kondisi ini tentulah membuat kita tidak nyaman.

Ahli medis mengatakan bahwa sensasi pahit yang kita rasakan ketika terbangun dari tidur adalah sesuatu yang normal. Sebab lidah kita terus bekerja meski kita tertidur. Aktivitas tersebut memungkinkan serangkaian kuman dan bakteri terakumulasi, sehingga hal itu membuat mulut kita menjadi pahit.

Namun, ternyata situasi tersebut bisa menjadi sebuah indikasi akan sesuatu yang tengah terjadi di dalam tubuh kita. Yang paling umum adalah ketika kesehatan tubuh kita sedang terganggu.

Agar lebih jelas, SehatQ coba memetakan kemungkinan apa saja yang membuat mulut terasa pahit ketika kita bangun dari tidur. Berikut beberapa penyebabnya:

Tidak Menggosok Gigi Sebelum Tidur

Gosok gigi sebelum tidur adalah suatu hal yang sangat penting dalam menjaga kesehatan dan kebersihan rongga mulut kita. Pasalnya, gosok gigi sebelum tidur berfungsi untuk menetralkan rongga mulut kita dari apa-apa saja yang bisa menjadi penyebab masalah di rongga mulut. Selain mencegah gigi berlubang, rupanya gosok gigi sebelum tidur juga berguna untuk menjadikan mulut kita tidak terasa pahit saat bangun pada keesokan harinya.

Seperti yang telah dijelaskan di atas, bakteri dan kuman yang tertumpuk di mulut semalaman bisa berkembang sangat cepat. Sebabnya, kondisi rongga mulut yang hangat dan lembap adalah tempat terbaik bagi mikroba untuk tumbuh.

Konsumsi Obat Sebelum Tidur

Konsumsi obat-obatan tertentu sebelum kita tidur dapat menyebabkan mulut terasa pahit. Hal itu terjadi lantaran beberapa zat yang terkandung di dalam obat yang kita konsumsi  membuat mulut kering. Kondisi mulut yang kering sendiri punya pengaruh besar terhadap sensasi pahit yang terasa di mulut.

Jika Anda adalah seseorang yang tengah dalam periode minum obat, terlebih sebelum tidur, salah satu cara ampuh agar mulut Anda tidak terasa pahit saat bangun tidur adalah dengan banyak minum air putih.

Dalam kasus ini, air putih berperan sebagai penetral rongga mulutmu setelah mengonsumsi obat.

Tubuh Kita Kekurangan Vitamin B-12 dan Zink

Vitamin sangat berguna bagi tubuh, terutama untuk menjaga kesehatan dan membuat organ tubuh berfungsi sebagai mana mestinya. Adapun, tanda-tanda tubuh kita kekurangan vitamin B-12 dan zink (seng) adalah mulut terasa pahit dan menguarkan aroma tidak sedap.

Anda Akan atau Sedang Mengalami Masalah Telinga Hidung Tenggorokan (THT)

Secara spesifik, yang dimaksud dengan poin di atas adalah flu dan/atau peradangan di tenggorokan atau selaput lendir Anda.

Sebab indera pengecap akan menjadi lebih peka saat Anda mengalami infeksi dan/atau peradangan. Oleh karenanya ketika Anda terinfeksi virus influenza atau terserang radang tenggorokan, mulut akan terasa pahit. Dan hal itu akan amat terasa ketika Anda baru saja terbangun dari tidur.

Sementara itu, jika Anda menderita sinusitis, kondisi itu cenderung akan memberikan efek aneh lain lagi. Semuanya bertalian karena lendir di hidung Anda akan lebih sensitif ketika terserang sinusitis. Ujung-ujungnya, proses sekresi akan semakin produktif.

Yang jadi masalah adalah, lendir hidung kaya akan protein. Komponennya sendiri merupakan makanan yang baik untuk bakteri yang sama yang kita sebutkan sebelumnya. Bakteri dan kuman tersebut akan terus berkembang di dalam rongga mulut kita. Mereka akan menghasikan begitu banyak sulfur dan itulah yang menyebabkan rasa pahit di mulut Anda.

Setelah memahami beragam kemungkinan yang bisa membuat mulut terasa pahit saat terbangun dari tidur, diharapkan kita bisa menjadi lebih peduli akan itu semua. Setidaknya, kita tahu apa yang harus diperbuat untuk mencegah sensasi aneh pada rongga mulut ketika bangun tidur.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *