- Hidup Sehat

Selain Menghibur, Ada Banyak Manfaat Membaca Buku Fiksi

Buku fiksi atau karya sastra merupakan bacaan wajib bagi sebagian orang. Pasalnya, banyak di antara mereka yang merasa “hidup” ketika telah menyelami tiap-tiap bait di dalamnya. Buku fiksi menjadi satu entitas sendiri yang tak mampu dipisahkan dari dunia literasi, atau baca-tulis, lantaran peran pentingnya dalam perkembangan peradaban manusia. Oleh karenanya, banyak orang percaya bahwa manfaat membaca buku fiksi amat dibutuhkan seseorang.

Meski tidak pasti, akan tetapi beberapa kalangan percaya bahwa dengan menyelami tiap-tiap fragmen di dalam buku fiksi, seseorang akan mendapatkan manfaat seperti:

  1. Meningkatkan Imajinasi

Selama ini kamu hanya terbatasi oleh apa yang kamu lihat. Dunia-dunia yang dideskripsikan dalam buku fiksimu, akan membantumu untuk memperluas pemahamanmu terhadap apa yang mungkin dan tidak mungkin terjadi. Dengan membaca deskripsi dari sebuah kejadian atau tempat, pikiranmu akan secara otomatis menciptakan bayangan dalam benak. Hal ini juga akan terasa lebih menyenangkan karena kamu bisa membuat dunia sendiri di dalam kepalamu, yang sudah jelas tidak bisa dibawa oleh siaran teve.

  • Mengembangkan Kemampuan Verbal

Meskipun membaca fiksi tidak akan selalu membuatmu menjadi komunikator yang baik, tetapi orang yang rajin membaca fiksi akan memiliki jangkauan kata yang lebih luas. Kamu juga akan mampu mengekspresikan apa dirasakan dengan kata-kata yang tepat. Semakin banyak buku yang kamu baca, maka akan semakin banyak kosa kata yang bisa kamu gunakan sehari-hari.

  • Lebih Peka Terhadap Seni

Sebuah studi yang dilakukan oleh NEA menjelaskan bahwa orang yang membaca fiksi akan lebih mampu menikmati seni daripada mereka yang bahkan sering pergi ke konser musik. Selain itu, fakta yang lebih mengejutkan bahwa membaca buku fiksi akan membuatmu memiliki kemampuan bersosialisasi yang lebih baik.

  • Membantu Meningkatkan Fokus

Tidak seperti postingan blog dan artikel baru di laman website, duduk dan membaca buku fiksi membutuhkan konsentrasi dan fokus lebih. Hal ini juga tentu tidak mudah untuk dilakukan. Tapi kabar bahagianya, fokus sepenuhnya membaca buku akan membuatmu terisolasi sementara dengan dunia luar. Dirimu akan terhanyut dalam untaian kata dan akan meningkatkan fokusmu.

  • Meningkatkan Kognitif

Buku seringkali menawarkan hal-hal menakjubkan dan bahkan jauh lebih murah daripada mengambil kelas khusus. Membaca akan memberimu banyak kesempatan untuk mengambil manfaat sebanyak-banyaknya dalam waktu yang sesingkat-singkatnya. Anne E. Cunningham dan Keith E. Stanovich dalam “What Reading Does for the Mind” juga memberikan penekanan bahwa pembaca buku fiksi biasanya memiliki pengetahuan yang lebih luas tentang hal-hal di sekitar mereka dan siapa saja yang terlibat di dalamnya.

  • Menjadikan Anda Menarik dan Atraktif

Memiliki kumpulan informasi di dalam otak yang secara perlahan dikumpulkan dengan membaca buku akan membuatmu terlihat menarik. Membawa pembicaraan ke arah yang lebih menggoda juga jadi terasa gampang. Kamu akan mampu untuk mengendalikan pembicaraan dan tak akan membuat lawan bicaramu bosan dan pergi. Kamu bisa memiliki hubungan dengan banyak orang karena kemampuan komunikasi dan pengetahuanmu yang telah meningkat.

  • Meredam Stres

Sebuah studi yang dilakukan Universitas Sussex menunjukkan bahwa membaca fiksi mampu mengurangi stres. Hal yang perlu kamu lakukan hanya untuk membaca dalam hati, setiap hari selama sepuluh menit untuk memerlambat detak jantung dan tekanan otot.

  • Obat Lupa

Tipikalnya, ketika kamu membaca, kamu tak punya waktu lagi untuk berpikir. Membaca akan memberimu tombol jeda unik untuk membantumu mengembangkan pemahaman dan wawasan. Dan ini artinya aktifitas membaca akan membantumu untuk tetap menjaga memori agar tetap di tempatnya dan bahkan memperluas kapasitas otak.

  • Menemukan Jati Diri

Membaca buku dengan perlahan dan penuh penghayatan akan membantumu meningkatkan kemampuan imajinasi dan kesadaran akan siapa diri kamu yang sebenarnya. Dengan berbagai perspektif yang ditulis dalam buku yang selalu kamu baca, secara tidak langsung buku akan memberimu kesempatan untuk memiliki pengalaman tersebut meskipun di kehidupan nyata kamu tak pernah mengalaminya. Buku adalah cara cepat untuk menciptakan dirimu sendiri.

  1. Menjadi Sarana Refleksan

Semua manfaat dari membaca yang telah disebutkan di atas sejauh ini adalah bonus dari manfaat terpenting dari membaca yaitu sebagai hiburan. Jika bukan karena aspek hiburan, membaca buku mungkin akan terasa seperti pekerjaan rumah yang menyebalkan.

***

Begitu pentingnya sastra (atau fiksi) dalam perjalanan kehidupan manusia. Bahkan, seorang sastrawan kenamaan, Pramoedya Ananta Toer, dengan tegas menempatkan fiksi jauh di atas pengetahuan lain. Ia mengatakan dalam “Bumi Manusia”, salah satu karyanya yang legendaris itu, “Kalian boleh maju dalam pelajaran, mungkin mencapai deretan gelar kesarjanaan apa saja, tapi tanpa mencintai sastra, kalian tinggal hanya hewan yang pandai.”

Pram—begitu ia akrab disapa—tahu dan yakin betul manfaat membaca buku fiksi, terlepas dari semua yang ditulis di atas, tak ada salahnya kita mulai membiasakan diri berinteraksi dengan dunia yang ada di dalam tiap-tiap lembar buku.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *