- Hidup Sehat

Silica Gel

Silica gel merupakan butiran kaca dengan bentuk bulat atau butiran seperti gel. Umumnya, gel silika ini dimasukkan dalam kemasan sachet kecil yang bisa kamu temui di dalam barang baru, seperti tas, sepatu, bahkan vitamin suplemen dalam botol pun terdapat gel silika.

Namun, perlu Anda tahu jangan pernah membuang gel silika yang terdapat pada kemasan produk-produk tersebut, apalagi memakannya. Karena gel silika berfungsi untuk menjauhkan barang dari kelembapan. Nah, berikut beberapa manfaat lain dari gel silika yang perlu Anda ketahui.

Apa yang bisa dilakukan dengan silica gel?

Bungkus berisi silica gel adalah butiran kecil silikon dioksida dalam bentuk padat. Silica gel memiliki nama lain silica xerogel ini bisa digunakan sebagai pengering. Di mana molekul air dapat ditarik ke sana dan keluar dari apapun yang mengelilingi paket produk. Air tersebut dapat berpindah pada kemasan yang biasanya berupa kertas.

Jadi, gel silika berfungsi untuk menjaga kelembapan suatu barang dari jamur, bau, atau noda yang dapat merusak. Nah, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan gel silika.

  1. Mengeringkan ponsel

Tanpa sengaja ponsel Anda tercebur pada air. Untuk mengeringkannya Anda bisa menggunakan gel silika dengan cara membuka semua komponen ponsel secara keseluruhan (jika bisa). Lalu masukkan ponsel pada sebuah kantung yang dapat dikunci (ziplock) dengan gel silika di dalamnya. Tutup kantong dan diamkan selama 24 jam.

  • Menjaga perhiasan tetap cerah dan berkilau

Caranya dengan cara menyimpan gel silika pada kotak perhiasan Anda, dengan begitu akan menjauhkan perhiasan dari kelembapan, kelembapan dapat menyebabkan noda yang dapat membuat perhiasan menjadi kurang menarik. Namun, Anda pun jangan lupa untuk membersihkan perhiasan secara berkala.

  • Menghilangkan bau

Tas olahraga yang berisi sepatu dan baju bekas Anda gunakan untuk berolahraga tentu memiliki aroma yang kurang menyenangkan. Nah, gel silika dapat digunakan untuk menghialngkan bau pada tas olahraga tersebut.

Anda hanya perlu memasukkan gel silika di dalam tas, dan gel akan menjaga pakaian dan sepatu dari kelembapan. Bau tersebut berasal dari bateri yang hidup dalam ruangan lembap.

  • Menjaga barang tetap kering

Pernahkan Anda menemukan gel silika pada kemasan makanan atau suplemen vitamin? Nah, meskipun gel silika tidak untuk dimakan tetapi gel silika ini dapat menjaga makanan kering Anda tetap kering , seperti roti, kerupuk, atau makanan apapun.

  • Mencegah kerusakan dokumen penting

Kelembapan dapat merusak kertas dan merusak dokumen serta foto-foto penting. Nah, Anda dapat mengamankan file dan kenangan Anda dengan meletakkan gel silika ke dalam folder atau kotak tempat Anda menyimpan dokumen tersebut dalam waktu yang lama. Selainitu, gel silika pun dapat melindungi kaset audio atau[un video.

  • Melindungi pil

Banyak botol pil suplemen ataupun obat yang berisi gumpalan kapas di dalamnya, hal tersebut untuk melindungi pil dari kelembapan. Tetapi dengan gel silika dapat melindungi pil Anda dari kerusakan dan air.

  • Segarkan rumah Anda

Manfaat lain dari gel silika yang bisa Anda coba adalah untuk menyegarkan ruangan atau rumah Anda. sobek kemasan gel silika lalu tuang isinya pada mangkuk kecil, kemudian tuangkan satu atau dua tetes minyak esensial favorit Anda di atasnya. Namun, pastikan untuk menjauhkan anak-anak dari jangkauan gel silika tersebut.

Bagaimana, menarik bukan? Ternyata silica gel memiliki banyak sekali manfaat yang sebelumnya belum kita ketahui. Mulai sekarang jangan buang gel silika milikmu ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *